Bupati Lombok Utara Resmikan Huntara Bantuan PGTI

MN, KLU – Hunian Sementara (Huntara) bantuan dari Gereja Kristus Yesus anggota Persatuan Gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) diresmikan Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H. Najmul Akhyar.

“Saya berterima kasih kepada bapak-bapak dari GKY dan MDS yang telah membantu masyarakat kami,” ucap Bupati Najmul didampingi Ketua Sinade Gereja Kristus Yesus (GKY) Yohanes Andrie, pada acara peresmian Huntara di Dusun Dasan Tatar Desa Sigar Penjalin, Kamis (14/2/2019).

Saat gempa, Bupati bercerita, datang banyak saudara dari berbagai daerah, dari berbagai keyakinan, untuk membantu sebagai hikmah nikmat di balik ujian yang diberikan Tuhan. “Saatini kita berkumpul dalam suasana kekeluargaan dan silaturrahmi,” ujar Bupati

Pemda KLU, dijelaskan Bupati, saat ini sedang melakukan percepatan pembangunan. Membuka kesempatan untuk siapa saja yang memenuhi kualifikasi persyaratan bisa ikut berpartisipasi.

Ia menginstruksikan juga kepada fasilitator pendamping yang mesti membantu percepatan pembangunan hunian masyarakat. Bila ada yang mempersulit untuk disampaikan kejelasannya.

Ditambahkan Pjs Kepala Desa Sigar Penjalin Saipul Bahri, perkembangan bantuan stimulan di Desa Sigar Penjalin pada tiga tahap penerimaan rekening. Tahap pertama, 17 orang menerima rekening, tahap kedua 819 orang dan yang ketiga 506 orang dengan total 1342 orang, dari total rusak berat 2750 rumah. Sudah berkisar 48 persen lasnjutnya, masyarakat yang menerima rekening bantuan dari pemerintah.

“Untuk Pokmas yang kami buatkan SK, kurang lebih 100 Pokmas. Sekitar 1300 – 1400 Kepala Keluarga. Sesuai arahan bupati, aplikator yang masuk kami tekankan untuk penyelesaian verifikasi dari sisi jumlah dan kesiapan bahannya.

Sementara itu, Direktur Menonite Diakonia Service (MDS) Paulus Hartono mengucapkan syukur karena pembangunan Huntara di empat dusun di Desa Sigar Penjalin telah selesai. Diantaranya Dusun Dasan Tatar, Sanggar Sari, Marpayung dan Rangsot Timur.

“Kami telah menyelesaikan 700 unit Huntara dari yang direncanakan 665 unit. Bersyukur atas partisipasi antusias masyarakat Desa Sigar Penjalin yang luar biasa mengikuti lomba kreatifitas Huntara yang diadakan,” tuturnya.

Ketua Sinade GKY Yohanes Andrie, juga mengucapkan terima kasih telah diberikannya kesempatan mengambil bagian membantu masyarakat pascagempa, khususnya masyarakat di Desa Sigar Penjalin.

“Kami dari GKY, meminta anggota pada berbagai tempat, untuk membantu masyarakat yang perlu dibantu. Menggerakkan sekolah-sekolah kristen IPK mengumpulkan dana membantu dan berbagi kepada sesama,” urainya.

Peresmian yang berlangsung di Dusun Dasan Tatar Desa Sigar Penjalin, pada Kamis (14/2/2019) ini, dilakukan Bupati KLU, H. Najmul Akhyar bersama Ketua Sinade Gereja Kristus Yesus (GKY) Yohanes Andrie. Turut hadir juga anggota DPRD Provinsi NTB H.R. Nuna Abriadi, Anggota DPRD KLU Meorit Arianto, Camat Tanjung Samsul Bahri, tokoh agama, tokoh masyarakat serta (14/2).

Acara peresmian yang juga dihadir oleh anggota DPRD Provinsi NTB H.R. Nuna Abriadi, Anggota DPRD KLU Meorit Arianto, Camat Tanjung Samsul Bahri, tokoh agama, tokoh masyarakat itu, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Bupati Lombok Utara dan Ketua Sinade GKY, tanda diresmikannya huntara. –(mn-07)

Bagikan :