7 Obyek Wisata di Lombok Timur ini, Bikin Terpukau

Pantai Surga di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. (photo sources: jejakpiknik.com)

MN, LOTIM — Pulau Lombok memang layak menyandang julukan seribu satu wisata. Sebab, Lombok menyimpan berbagai macam destinasi wisata yang memiliki daya tarik panorama alam yang membuat terpukau setiap pengunjungnya.

Lombok Timur misalnya. Kabupaten yang memiliki penduduk terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, menyimpan keindahan panorama alam yang tak kalah dengan daerah lainnya.

Berbagai destinasi mulai dari pantai, gili, bukit, gunung, air terjun, semua menjadi spot wisata terkenal hingga mancanegara. Berikut 7 destinasi wisata di Lombok Timur yang membuat setiap pengunjungnya terpukau:

1. Pantai Surga

(sources: google)

Surga itu ada di Lombok Timur. Tepatnya di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur bagian selatan. Di sana bisa menemukan Pantai Surga. Daya tarik utama dari wisata Lombok Timur ini adalah hamparan pasir putihnya. Tidak perlu khawatir bermain-main di sana, karena air lautnya juga sangat tenang. Tidak cuma bisa foto-foto, juga bisa snorkling, strolling hingga memancing di pinggir tebing yang tidak bisa didapatkan di pantai lainya. Dengan garis pantai yang hanya 600 meter, Pantai Surga terletak di antara dua tebing tinggi. Bagian paling menarik, pantai ini belum banyak dikenal orang, sehingga suasana masih sepi dan nyaman untuk dikunjungi.

2. Pantai Kaliantan

(sources: google)

Wisata pantai ini juga berada tidak jauh dengan pantai Surga, di wilayah Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pantai ini memiliki panorama alam yang indah. Menyenangkan dan asyik buat kegiatan snorkling dan berselancar. Debur ombak yang tidak terlalu keras dengan air yang jernih berwarna biru mendekati tosca menambah pesona keindahan pantai ini. Pasir putih dan tebing karang dengan sebuah bukit semakin mempercantik wisata Lombok Timur yang satu ini.

Wisata pantai yang satu ini juga digunakan setiap tahun dari turun temurun masyarakat setempat sebagai lokasi perayaan tradisi Bau Nyali yang tak kalah ramai dengan perayaan Bau Nyale di pantai Kuta Lombok Tengah. Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap hewan laut sejenis cacing laut. Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret di mana penduduk Pulau Lombok Timur datang ke pantai ini untuk mengikuti berbagi rangkaian acara festival yang diselenggarakan.

3. Bukit Selong

(sources: google)

Objek wisata Bukit Selong ini berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun, Lombok Timur. Wisata Lombok ini belakangan menjadi buah bibir penikmat pariwisata Indonesia. Bagaimana tidak, Bukit Selong menyuguhkan pemandangan yang menawan. Hamparan hijau tumbuhan dan pemandangan dari atas bukit, akan memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Dijamin kamu bakal merasa jatuh hati saat melihat lanskap Gunung Rinjani dan petak sawah dengan warna berbeda-beda yang membentang di sana. Pemandangan hijau nan asri ini tentu tak hanya menyejukkan mata, kamu pun akan merasa tenang dan nyaman berlama-lama di bukit ini.

4. Gili Kondo

(sources: google)

Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok, tepatnya di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Memiliki alam bawah laut yang indah, snorkeling adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan objek wisata Lombok ini. Perairan di gili ini memiliki taman bawah laut yang dihuni beragam jenis biota laut dan dijadikan sebagai tempat konservasi terumbu karang. Selain snorkeling, kamu juga bisa melakukan island hopping dan melihat fenomena pulau pasir di tengah laut yang disebut Gili Kapal saat air laut sedang surut. Alamnya yang masih perawan dan jauh dari keriuhan menawarkan sejuta kejutan bagi siapa saja yang datang.

5. Pantai Pink

(sources: google)

Panorama alam pantai Pink, yang sebelumnya disebut pantai Tangsi ini, mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik domistik maupun mancanegara. Sesuai dengan julukannya, pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna merah muda yang langka dimiliki pantai lainnya. Hamparan pasir yang cantik dan air kebiruan menjadikan Pantai Pink sebagai destinasi wisata di Lombok yang indah dan masuk dalam daftar layak dikunjungi.
Keindahan Pantai Pink semakin sempurna dengan adanya hamparan bukit hijau yang indah di sekelilingnya. Aktivitas yang menyenangkan di tempat wisata Lombok satu ini adalah berenang dan snorkeling.

6. Air Terjun Aiq Temer

(sources: triptrus)

Air terjun ini terletak di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur. Dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dari permuka laut. Objek wisata Lombok Timur ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Segarnya air terjun berpadu apik dengan tumbuhan hijau yang lebat. Di samping itu terdapat fauna monyet hitam yang menghuni hutan ini. Ada tiga air terjun yang memukau seperti Jukut, Jeruk Manis, dan Mayung Putih.

7. Gili Petagan

(sources: google)

Gili Petagan menjadi bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD). Gili di Lombok Timur yang luasnya 50 hektar ini memiliki hutan bakau yang telah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Uniknya lagi, di sini terdapat padang lamun (rumput laut) yang berpadu dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan laut yang cantik. Selain itu, Gili Petagan juga memiliki beberapa spot snorkeling di perairan dangkal dengan jarak pandang yang tidak terlalu dalam karena perairan di sini masih jernih. Terdapat pula spot untuk diving dengan kedalaman hingga 20 meter.

—-(mn-03)

Bagikan :