Lombok Utara, MATARAMNews – Untuk mencetak dan meningkatkan keterampilan para siswa kearah yang positif, perlu dilakukan kegiatan exstra kurikuler, yang salah satunya adalah melakukan kegiatan pramuka.
Demikian dikatakan, panitia kegiatan Pramuka  tingkat SD dan SLTP, Ustadz Hamdan, S.Pdi, ketika ditemui di sela-sela kesibukannya  mengikuti gerakan pramuka 22/1, di lapangan umum Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Menurut Hamdan, yang juga kepala MTs. Maraqitta’limat Lenggorong ini mengatakan, tujuan kegiatan pramuka, selain membina mental dan keterampilan para siswa  juga mencetak generasi penerus bangsa  agar menjadi manusia insanul kamil atau menusia yang sempurna.

“Orang bijak menyebut dengan istilah CAKRA yaiti cakap, kreatif dan aktif, dalam memegang teguh nilai-nilai Pancasila”, jelas Hamdan yang sekaligus sebagai sponsor kegiatan pramuka bersama salah seorang petugas Polsek Sambelia, Roi Firmansyah.

Dijelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 7 sekolah tingkat SD dan SLTP yang ada di Kecamatan Bayan dengan jumlah peserta 150 orang lebih. “Kegiatan ini kita lakanakan selama tiga hari yaitu mulai tanggal 21-23 Januari 2012”, pungkasnya.