Pemprov NTB dan UPSI Malaysia Kerjasama Tingkatkan SDM

MN, MATARAM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan melakukan kunjungan ke Malaysia. Kali ini dalam rangka untuk melakukan kerja sama dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI).

Kerja sama tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) NTB, mempererat hubungan baik dengan Malaysia, meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi dan memperkenalkan budaya NTB di Malaysia.

Menurut Kabag Kerjasama Pemerintahan Biro Administrasi Kerjasama Setda Pemprov NTB, Lalu Ismunandar, penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemprov NTB dan UPSI akan dilaksanakan pada hari Senin 25 Februari 2019 di UPSI yang beralamat di Tanjong Malim, Perak Darul Ridzuan 35900 Malaysia.

“Nota Kesepahaman akan ditandatangani oleh Dr.H. Zulkifliemansyah selaku Gubernur NTB dan Prof Dato’ Dr. Mohammad Shatar Sabran Wakil Rektor UPSI UPSI,” ungkapnya dalam jumpa pers yang digelar di kantor Gubermur NTB, Jalan Pejanggik Mataram, Jumat (22/2/2019).

Seperti diketahui bahwa UPSI adalah salah satu universitas di Malaysia yang didirikan pada 1 Mei 1997 melalui Surat Kerajaan PU(A) 132 & 133, tanggal 24 Februari 1997, UPSI adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Malaysia, UPSI menawarkan 100 program sarjana, pascasarjana, doktoral dan jenjang spesial.

UPSI masuk dalam dafar universitas terbaik di Malaysia.Universitas ini memiliki beberapa fakultas di antaranya Bahasa, Seni & Musik, Ilmu Kognitif & Pengembangan Manusia, Sains & Teknologi, Teknologi informasi & Komunikasi, Bisnis &Ekonomi, Ilmu Olahraga dan Ilmu Sosial &Humaniora.

Dengan diadakannya kesepakatan ini, lanjutnya, Pemprov NTB akan membentuk kegiatan-kegiatan yang menunjang dalam kerjasama dalam aspek pendidikan, kebudayaan, kesenian dan pariwisata, salah satunya dengan kegiatan pengembangan sumber daya manusia melalui program pengiriman mahasiswa asal NTB ke UPSI Malaysia, sehingga nantinya program ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Tidak itu saja selain penandatanganan Nota Kesepahaman di UPSI, nantinya juga Gubernur di rencanakan akan melakukan beberapa kegiatan di Malaysia, diataranya mengadakan Pameran/Expo Dekranasda, silaturrahmi dengan masyarakat rantau NTB di Malaysia dan pertemuan dengan Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana serta menghadiri penandatanganan dokumen persepahaman antara posnaker BLKLN Provinsi NTB dan angkasa.

Pemerintah Provinsi NTB berinisiatif untuk meningkatkan dan lebih mempererat hubungan Indonesia dengan Malaysia dengan memperkuat kerjasama ada lima point diantaranya.

1. Bidang ketenagakerjaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk sebagai tiga besar provinsi di Indonesia sebagai pengirim tenaga kerja ke Malaysia dan Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya mengajak seluruh elemen untuk melindungi tenaga kerja NTB di Malaysia.

2. Bidang pariwisata Berdasarkan data BPS bahwa beberapa tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB melalui Malaysía tercatat sebagai yang tertinggi, ini diartikan bahwa malaysia merupakan Hubungan yang penting dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB.

3. Bidang Perdagangan Pemerintah Provinsi berupaya untuk memasarkan produk NTB dengan mengekspor secara langsung melalui expo atau pameran.

4. Bidang pendidikan, dalam rangka mewujudkan misi pengiriman putra putri NTB sebanyak-banyaknya untuk belajar keluar negeri 5. Bidang Kebudayaan Kegiatan pengenalan budaya memalui pertunjukan budaya.

Dalam jumpa pers tersebut juga dihadiri oleh,Plt Karo Humas dan Protokol ,Kadis Perdagangan,Sekretaris Dinas Dikbud,Perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi.

–(hs-ntb/mn-07)

Bagikan :