30 Persen Produksi Ikan NTB Menurun

Ilustrator

MATARAM, MataramNews – Dinas Perikanan dan Kelautan NTB mencatat 30 persen produksi ikan yang dihasilkan para nelayan menurun akibat cuaca buruk yang melanda perairan NTB. Jumlah itu, diperkirakan kemungkinan akan terus menurun hingga 3 bulan kedepan atau pada Maret mendatang. Selain, berimbas kepada produksi ikan, pendapatan nelayanpun akan menjadi berkurang karena tidak bisa turun melaut.

“Ini sebagai dampak datangnya angin barat dan kami memperkirakan kondisi ini akan berlangsung dari Januari hingga Maret mendatang. Tentu, ini jelas akan berpengaruh kepada hasil produksi ikan dan pendapatan nelayan yang akan ikut menurun,”kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan NTB, Ir. H. Ali Syahdan, Selasa (24/1).

Dikatakan Ali, berdasarkan data hasil tangkapan ikan di wilayah perairan NTB sepanjang tahun 2011 lalu hanya sebesar 101.000 ribu ton. Sementara, pada tahun 2012 ini diperkirakan akan turun sebanyak 93 ribu ton saja. Pasalnya, nelayan enggan melaut hanya sebagian saja nelayan yang berani untuk melaut.   

Namun, kendati demikian Dinas Perikanan dan Kelautan NTB memperkirakan penurunan produksi ikan NTB tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, cuaca buruk yang melanda perairan NTB sama seperti yang terjadi di tempat lain di Indonesia, selain cuaca kali ini merupakan siklus tahunan. “Karena ini sifatnya tahunan tentu kami sudah mengantisipasi hal itu melalui pemberian bantuan bagi nelayan melalui program pengembangan bina pedesaan,”ujarnya.

Bantuan itu, telah di anggarkan melalui APBN dan APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB yang sifatnya akan diberikan setiap tahun sebagai antispasi perubahan dampak cuaca.
   

Bagikan :