Pemkab KLU Gelar Bimtek Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

MN, KLU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Utara (KLU), H. Suardi, membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah tahun 2019.

Sekda didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah KLU H. Raden Nurjati, beserta beberapa Kepala OPD lingkup Pemda Lombok Utara membuka bimtek tersebut, Senin kemarin (4/3/2019).

Perwakilan BPKP NTB Agus P. Purnomo Widodo, menyampaikan BPKP selalu siap mendampingi dalam kapasitas secara profesional. Menurutnya, hal konsen yang mesti diperhatikan, guna mengurangi risiko dengan pengelolaan yang profesional diantaranya perencanaan dan penganggaran baik, belanja hibah dan bansos yang dicermati, pajak dan retribusi lebih diteliti, pengadaan barang dan jasa, manajemen SDM yang baik, serta belanja perjalanan dinas yang efektif.

Karena itu Sekda KLU menjelaskan sistem pengelolaan keuangan dan aset memiliki satu kesatuan mulai dari pusat hingga daerah mengacu pada aturan perundangan yang berlaku. Dengan sistem terpusat tersebut, ulasnya, aplikasi Simda Siskudes sistem pengelolaan keuangan lebih terpadu.

“Mengapresiasi kegiatan ini secara berkesinambungan dan berbagi pemahaman antarlembaga menjadi penting. Banyak hal perlu diperbaiki pada saat ini, apalagi pascagempa pengelolaan aset terkait aset yang hilang atau mengalami kerusakan,” jelas Sekda.

Memperbaiki apa yang masih kurang, lanjut Sekda, agar menghasilkan perencanaan yang baik dan pertanggungjawaban yang baik pula.

Kepala BPKAD H. Raden Nurjati menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan Bimtek, diantaranya RPJMD pengelolaan keuangan diwajibkan mempertahankan WTP, selain untuk penyelamatan aset daerah pascagempa.

“Melihat dampak gempa yang pernah terjadi, mengakibatkan keberadaan aset menjadi penting. Membutuhkan perhatian khusus agar penataannya lebih cepat terurai,” katanya.

Terkait materi Bimtek yang rencananya berlangsung tiga hari tersebut meliputi kesesuaian bagaimana pengelolaan keuangan yang baik dan benar, disamping kecukupan informasi serta kepatuhan terhadap perundangan. Acara dibuka secara langsung oleh Sekda KLU ditandai dengan penyematan tanda simbolis kepada peserta bimtek.

–(mn-07)