BANTEN, MN — Dirut PT. Indonesia Air Asia, Dendy Kurniawan merespon positif NTB sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021. AirAsia bakal menggerakkan 97 juta database jaringan AirAsia global untuk membantu sosialisasi Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok.

“Kami sangat mendukung promosi sirkuit MotoGP di Lombok. Ada 97 juta database Air Asia yang bisa kami gerakkan untuk meningkatkan awareness publik dunia bahwa salah satu seri balapan MotoGP akan digelar di Lombok Indonesia pada 2021 mendatang,” ungkap Dendy, saat penandatanganan MoU dengan Gubernur NTB di Kantor Air Asia, Jalan Marsekal Suryadharma no. 1 Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang Banten, Kamis (14/3/2019).

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah sebelumnya menyatakan berharap dukungan dari AirAsia terkait akan digelarnya balapan MotoGP di sirkuit Mandalika pada 2021 mendatang.

“Lombok akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 2021, dan kontraknya akan berjalan selama 3 tahun atau 3 musim balapan. Saat ini kami juga sedang membangun sirkuit jalan raya berkelas internasional untuk balapan MotoGP. Kami berharap, jaringan luas Air Asia di lingkup global mau membantu dalam sosialisasi dan memperkenalkan Sirkuit Mandalika menjelang MotoGP Lombok 2021 nanti,” Sebut Zul.

Pembangunan sirkuit dan gelaran balapan MotoGP Lombok, disebutkan Gubernur Zul akan mampu menyerap tenaga kerja hingga 7 ribu orang. Sementara jumlah penonton diperkirakan mencapai 300 ribu dari domestik dan mancanegara. Itu menjadi potensi bagi maskapai penerbangan seperti AirAsia untuk turut mengambil kue penumpang pesawat ke Lombok.

Sebagai informasi, balapan MotoGP di Indonesia pernah digelar pertama kali di Sirkuit Sentul Bogor Jawa Barat pada tahun 1997 silam. 24 tahun setelahnya, baru akan digelar kembali di Lombok NTB.

–(hs-ntb/mn-07)