Libatkan Ratusan Warga, KPU Mataram Mulai Proses Sortir dan Lipat Surat Suara

KPU Mataram
Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin membuka koli surat suara untuk mengecek sebelum proses sortir dan lipat mulai dilakukan warga, pada Sabtu pagi (16/3/2019).

MATARAM, MN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram mulai melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara dipusatkan di gudang milik KPU Kota Mataram dengan melibatkan sekitar seratus lebih tenaga atau warga masyarakat.

Ketua KPU Kota Mataram, M.Husni Abidin mengatakan bahwa proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini melibatkan sebanyak 130 tenaga warga.

“surat suara yang kita sortir dan lipat pada hari ini untuk surat suara DPR RI dapil 2 pulau Lombok,” ucapnya saat membuka koli surat suara, Sabtu (16/3/2019) pagi.

Ketua KPU Matram
Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin mengecek surat suara yang disortir dan dilipat warga, untuk memastikan ada tidaknya kertas surat suara yang rusak.

Menurutnya surat suara DPR RI dilakukan penyortiran dan pelipatan dikarenakan hanya itu yang baru lengkap diterima oleh KPU Kota.

Pada kesempatan tersebut, kepada para tenaga sortir dan pelipatan, Husni meminta agar mereka menjaga kejujuran.

“Prinsipnya karena menentukan nasib orang maka kita utamakan kejujuran jika tidak jujur maka akan ada konsekwensinya,” tegasnya.

Karena itu, proses penyortiran dan pelipatan tersebut selain dijaga ketat oleh pihak kepolisian dan diawasi oleh Bawaslu namun juga oleh pihak KPU memberlakukan protap yang sangat tegas.

Bahkan saking ketatnya proses penyortiran dan pelipatan tersebut, para tenaga sortir dilengakapi dengan kartu ID Card dan sebelum masuk dalam ruangan semua tas dan ponsel ditinggal diluar ruangan serta diperiksa satu persatu oleh pihak kepolisian.

Proses penyortiran dan pelipatan terhadap 299.056 ribu lembar surat suara DPR RI yang dikemas dalam 599 packs tersebut akan dilakukan hingga nanti pukul 17.00 wita, namun jika nanti tidak selesai maka dilanjutkan besok.

–(mn-07)