Danrem 162 WB Pastikan Kesiapan Pasukan Pengamanan Kunker Presiden Jokowi

MATARAM, MN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan kembali akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lombok, NTB. Korem 162 WB menggelar apel Gelar Pasukan pengamanan VVIP di lapangan Sangkareang Mataram.

Apel gelar pasukan yang diikuti seluruh Prajurit TNI, Polri dan instansi terkait diambil langsung Danrem 162 WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Dansatgas Pam VVIP.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto selaku Pangkoop Pam VVIP dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 162 WB menyampaikan apel gelar pasukan tersebut untuk mengecek tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Protap Pengamanan VVIP yang berlaku, serta untuk memastikan sinergitas dan kerjasama diantara semua unsur pengamanan yang terlibat.

“Jadikan apel gelar ini, sebagai sarana koordinasi antar unsur pengamanan terutama untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas, serta untuk menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaan di lapangan,” kata Pangdam IX Udayana.

Pada saat yang sama melalui pertemuan dan koordinasi seperti ini, lanjutnya, diharapkan apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas maka segera dapat diatasi dengan baik.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Jenderal bintang dua tersebut memberikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Pam VVIP diantaranya cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan tetap waspada, pahami dan kuasai Protap pengamanan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang tegas dan efisien agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik, dan lakukan koordinasi secara optimal dan tidak ragu dalam bertindak di lapangan.

Apel gelar pasukan yang dihadiri Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo, Danlanud ZAM Kolonel Nav Budi Handoyo, Dirlantas dan Karoops Polda NTB, Para Dandim dan Kasi Jajaran Korem, Dan/Ka Satdisjan, Kapolres Mataram dan diikuti ribuan pasukan dari jajaran TNI AD, TNI AL dan TNI AU, jajaran Polda NTB dan instansi terkait yang terlibat langsung dalam kegiatan Pam VVIP.

–(mn-07)