KPU Mataram Tetapkan Jadwal Lokasi dan Tempat Kampanye Rapat Umum Parpol

MATARAM, MN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram tetapkan jadwal kampanye rapat umum bagi partai politik (parpol) di tingkat Kota, mulai tanggal 24 Maret hingga 13 April. Masing-masing parpol diberikan kesempatan lima kali berkampanye.

Ketua KPU Kota Mataram, Husni Abidin, mengatakan jadwal kampanye rapat umum yang ditetapkan saat ini sudah disusun dan merupakan sebagai hasil dari rakor pertama sebelumnya.

“Hari ini kita tetapkan jadwal dan lokasi serta tempat, waktu kampanye rapat umum yang akan dimulai 24 Maret sampai 13 April nanti,” ucap Husni dalam rapat koordinasi penetapan jadwal kampanye rapat umum pemilu 2019 tingkat Kota Mataram, Sabtu (23/3/2019) pagi.

Menurut Husni, dengan telah ditetapkan jadwal kampanye rapat umum tersebut, maka partai politik bisa menggunakannya sesuai dengan waktu dan tempat yang telah dijadwalkan.

“Kita semua berharap kampanye ini berjalan dengan baik tanpa ada riak-riak atau suasana tidak kondusif,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua divisi SDM Sosialisasi dan Parmas KPU Kota Mataram, Sopan Sopian Hadi, menjelaskan bahwa sesuai hasil kesepakatan pertemuan sebelumnya maka pihak KPU menyusun jadwal kampanye rapat umum.

“Dalam penyusunan kita pertimbangkan berbagai asas mulai dari asas keadilan, keputusan KPU RI tentang jadwal kampanye dan telah disetujui oleh parpol tingkat pusat. Selain itu juga petimbangan jumlah lapangan yang disediakan,” katanya.

Menurutnya, lokasi yang dijadikan lokasi kampanye telah ditetapkan sebanyak tiga lapangan yaitu lapangan Karang Pule, lapangan Babakan dan lapangan Selagalas.

Sedangkan untuk jadwal kampanye masing-masing partai diberikan lima kali. “Semuanya mendapatkan lima kali jadwal dan waktunya pagi dan sore, maka dari itu dibagi waktu ada yang tiga kali pagi dan dua kali sore,” terang Sopan Sopian Hadi.

Namun khusus untuk tanggal 3 April karena bertepatan dengan hari Isro Mi’raj, kampanye ditiadakan karena hal yang sama di pusat juga tidak diisi juga. Bahkan jadwal kampanye rapat umum yang disusun oleh KPU Kota tidak mengganggu jadwal kampanye dari pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Menanggapi jadwal kampanye rapat umum yang telah disusun dan ditetapkan tersebut pihak Bawaslu Kota Mataram akan melakukan pengawasan secara langsung.

“Kami tinggal mengawasi apakah dalam pelaksanaannya sesuai atau tidak dengan SK yang telah ditetapkan,” ucap Hasan Basri.

Karena itu Hasan menghimbau pada partai politik agar melaksanakan kampanye sebagaimana yang telah diatur dalam PKPU yaitu dengan mengajukan STTP kepihak kepolisian dan tembuskan ke KPU dan Bawaslu.

Selain itu, diminta juga kepada parpol dalam melaksanakan rapat umum untuk tidak melibatkan pihak pihak yang dilarang seperti melibatkan anak-anak, PNS, TNI Polri dan ketua pengadilan, bahkan juga untuk tidak mempersoalkan dasar negara, menyampaikan ujaran kebencian, SARA dan politik uang, namun jika ada ditemukan pelanggaran maka bawaslu tidak segan segan mengambil tindakan tegas.

“Karena itu kami minta jangan lakukan hal hal yang telah dilarang, mari kita semua terus menjaga kondusifitas,” pungkasnya.

Rakor tersebut selain dihadiri oleh Ketua dan Komisioner KPU, juga oleh Partai Politik, perwakilan Polres Mataram, Pol PP, Ketua Bawaslu dan Dandim 1606 Lobar.

(mn-07)