Jelang Pemilu, KPU Bimtek PPK se Kota Mataram

MATARAM, MN — Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM serta penyamaan persepsi dari para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Mataram menjelang pelaksanaan pemilu 2019 diberikan bimbingan teknis.

Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram terkait dengan pemungutan, perhitungan suara pada pemilu 2019.

Tidak tanggung tanggung dalam bimtek yang berlangsung selama dua hari tersebut para PPK dan Sekretaris akan mendapatkan materi dan simulasi masing masing satu hari.

Ketua KPU Kota Mataram, Husni Abidin mengatakan bimtek ini adalah sebuah keharusan yang dilakukan karena untuk menyamakan persepsi terhadap turunan-turunan aturan undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan PKPU serta surat edaran baik yang menyangkut tungsura.

“Karena ini adalah tugas pokok dan tugas wajib bagi penyelenggara itu dalam tahapan yang sangat krusial, oleh karena itu Bimtek menjadi sebuah hal yang penting dan wajib dilaksanakan,” ucapnya ketika ditemui setelah membuka acara bintek, di Mataram, Selasa (26/3/2019).

Menurutnya bahwa penyelenggaraan khususnya jadi tidak ada lagi perbedaan persepsi kalau sudah di bimtek. “Bimtek ini menjadi penyamaan persepsi tafsiran dan berikut dengan kebijakan-kebijakan yang diambil tetapi itu semua bermuara kepada aturan yang sudah ada,” tegasnya.

Oleh karena itu menyamakan persepsi ini itu yang paling penting dilakukan sampai ke tingkat KPPS karena yang paling penting di KPPS karena sekian banyak SDM yang Ribuan orang harus disamakan persepsi.

“Oleh karena itu setelah bimtek ini memang harus dimaksimalkan bimtek secara keseluruhan di tingkat KPPS,” imbuhnya.

Dimana dalam kesempatan tersebut Husni mengingatkan bahwa berbeda dalam melakukan penafsiran UU maka berbeda pula hasilnya.

Dimana dalam pemilu 2019 ini Undang-Undang mengamanatkan bahwa rekap setelah dari TPS langsung ke PPK, maka dari itu, semua penyelenggara termasuk ditingkat PPK harus bisa bekerja maksimal dan bekerja dengan penuh tanggung jawab karena menyangkut nasib orang dan nasib bangsa.

“Mari kita mengantar pemilu 2019 ini agar berjalan dengan sukses,” pungkasnya.

(mn-07)

Bagikan :