Bawaslu NTB Akan Klarifikasi Laporan Pelanggaran Kampanye Prabowo

Bawaslu NTB adakan sosialisasi pengawasan partisipatif, dalam rangka penguatan peran media untuk melakukan pengawasan pemilu tahun 2019, di Mataram, Kamis (28/3/2019) sore.

MATARAM, MN–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB berencana akan memanggil beberapa pihak terkait dengan kampanye rapat umum yang menghadirkan calon presiden (capres) nomor 02 Prabowo Subianto.

Menurut Kordiv Hukum, data dan Informasi Bawaslu NTB, Suhardi, ada beberapa hasil pengawasan kampanye rapat umum capres nomor 02, akan mengundang beberapa pihak.

“Terkait hasil pengawasan kami namun belum menjadi temuan karena itu akan mengundang pihak pihak,” ucap Suhardi, pada sejumlah wartawan dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif, dalam rangka penguatan peran media untuk melakukan pengawasan pemilu tahun 2019, di Mataram, Kamis (28/3/2019) sore.

Dimana ungkap Suhardi, bahwa para pihak yang akan diminta klarifikasinya telah diundang pada hari ini dan besok.

Berdasarkan dugaan pelanggaran inventarisir pihak Bawaslu dalam kampanye yang digelar di lapangan Karang Pule Kecamatan Sekarbela Kota Mataram pada Selasa (26/3) sore kemarin, yaitu kampanye melibatkan anak.

Selain itu ditemukan juga adanya atribut partai politik yang hadir dalam kampanye diluar dari parpol yang menjadi pengusul dan pengusung paslon 02.

Namun diakuinya bahwa dalam proses pengawsan pihak Bawaslu sangat kesulitan karena pelapor baru satu orang dan selebihnya hanya menginfokan lewat pesan WhatsApp (WA).

“Kita sangat minim dan menjadi hal tantangan, pelapor tidak hanya dari parpol tapi masyarakat boleh lapor yang penting memenuhi syarat,” pungkasnya.

Sementara itu terkait dengan sosialisasi partisipatif, Ketua Bawaslu NTB, M.Khualid mengharapkan bagaimana media ambil peran secarah sukarela untuk menyampaikan informasi.

“Karena selama ini banyak info yang kami peroleh dari media, soal partisipatif ini sudah berjalan,” pungkasnya.

(mn-07)

Bagikan :