Dilaporkan Terlibat Kampanye, Oknum Guru ini Diperiksa Bawaslu Mataram

MATARAM, MN–Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Kota Mataram kembali diperiksa oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pemeriksaan terhadap oknum ASN yang berdinas di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kota Mataram tersebut karena dilaporkan atas dugaan tidak netral dengan mengkampanyekan salah satu calon.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi, M.Yusril mengatakan bahwa laporan tersebut dilaporkan di Bawaslu RI per tanggal 29 Maret 2019 kemaren.

“Jadi oknum guru tersebut sebagai terlapor dan pelapornya adalah seorang calon anggota DPD Dapil NTB,” ucap Yusril, di Mataram, Sabtu (6/4/2019).

Menurutnya, laporan tersebut diteruskan dari Bawaslu RI ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kota dan saat ini baik pelapor dan terlapor sudah diminta klarifikasi.

Dimama dalam laporan Nomor 07/LP/PL/RI/00/III/2019 tertanggal 29 Maret 2019 tersebut, terlapor merupakan seorang ASN diduga mengkampanyekan seorang calon anggota DPD, di dalam sebuah grup WA bernama Sasambo mengirim spesimen surat suara DPD, namun dari sekian nama yang ada hanya satu nama saja tidak coret lengkap dengan nomornya.

“Pelapor ini merasa keberatan karena dia juga berada di dalam grup Sasambo itu namanya dicoret yang ada dispecimen surat suara tersebut,” ujarnya.

“Karena itu kami kemarin Jumat (5/4) itu sudah memanggil pihak-pihak yang terkait termasuk saksi dan yang terlapor maupun untuk diminta klarifikasinya,” terangnya.

Maka untuk selanjutnya ungkap Yusril, akan melakukan proses mengkaji terlebih dahulu laporan tersebut.

Nanti pada senin akan melaporkan progresnya ke Bawaslu provinsi yang akan diteruskan ke Bawaslu RI.

(mn-07)