Bawaslu Mataram Bimtek Saksi-saksi dari Parpol

MATARAM, MN–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mataram berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada ribuan saksi dari partai politik (parpol).

Bimtek terhadap para saksi dari ke 16 partai politik peserta pemilu 2019 di Kota Mataram tersebut akan berlangsung hingga nanti 10 April 2019.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri, bahwa materi bimtek terhadap para saksi diberikan langsung oleh panwascam dan Bawaslu melakukan supervisi.

“Alhamdulilah saksi yang dibimtek sangat banyak sesuai dengan jumlahnya terlihat semangat dan senang terhadap materi yang disampaikan oleh panwascam,” ucap Hasan di Mataram, Minggu (7/4/2019).

Karena itu Hasan berharap apa yang disampaikan dalam materi bimtek tersebut nanti bisa sama prakteknya pada hari H.

“Maka jika semua partai mengahadirkan saksinya disetiap TPS dan mengikuti dari pukul 07.00 sampai 12 siang pada hari berikutnya sesuai dengan putusam MK,maka insya allah hasil pemilu berintegritas,” harapnya.

Ditambahkan Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Kota Mataram, M. Yusril, mengatakan bahwa jumlah saksi partai politik yang diberikan bimtek sebanyak 7694 orang.

“Ke 7694 saksi yang dibimtek tersebut berasal dari 10 Partai Politik di Kota Mataram,” ungkap Yusril, disela sela supervisi Bimtek di partai Bulan Bintang di Mataram.

Menurutnya bahwa hingga tanggal 30 Maret kemaren hanya 10 partai politik saja menyerahkan nama nama saksi yang akan di Bimtek, padahal pihaknya sudah jauh hari mengirim surat.

Namun walaupun demikian, bagi saksi dari parpol yang belum di lakukan Bimtek maka tidak ada masalah jika nanti pada hari pencoblosan menghadirkan saksinya di TPS karena hal tersebut merupakah hak dari peserta pemilu.

Ditambahkan Yusril bahwa dalam bimtek tersebut para saksi juga menyaksikan video yang menjelaskan tata cara pemungutan dan penghitungan suara, mulai dari sebelum tempat pemungutan suara (TPS) dibuka, sampai dengan proses penghitungan suara.

Bahkan para saksi juga dibekali pula dengan buku saku yang menjelaskan secara komprehensif tata cara pemungutan dan penghitungan suara, formulir yang digunakan, serta hal-hal yang perlu diperhatikan.

Buku Saku juga didukung oleh ilustrasi, tulisan, serta contoh formulir juga diberika kepada semua partai politik.

(mn-07)

Bagikan :