KPID NTB Sebut Materi Iklan Kampanye Calon DPD RI di TV dan Radio Asal-asalan

Ketua KPID NTB, Yusron Saudi

MATARAM, MN–Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB merasa sedih melihat materi iklan kampanye calon DPD RI yang dimuat atau ditayangkan di Lembaga Penyiaran Radio dan TV.

Pernyataan tersebut di lontarkan oleh Ketua KPID NTB, Yusran Saudi di sela acara rapat koordinasi lembaga penyiaran menyongsong pemilu dan pilpres 2019, Rabu (10/4/2019).

“Kita agak sedih juga masalahnya terkait materi iklan kampanye calon DPD RI tidak memenuhi unsur brodcas yang materinya asal asalan,” ucapnya.

Menurut Yusran bahwa sebenarnya salah satu bentuk untuk menarik simpati masyarakat yaitu dari bentuk dan materi iklan.

Karena itu kedepannya agar hal tersebut tidak terulang lagi diharapkan agar nanti lembaga penyiaran dan KPID juga dilibatkan dalam produksi iklan agar nanti iklan lebih menarik dan indah serta elok.

“Ini karena kita juga sedih gerah melihat, kedepannya kita minta partisipatif di awal, kita KPID stresing materi disetor dulu kita liat dulu apakah sesuai dengan UU penyiaran,” terangnya.

Namun ungkapnya bahwa pihak KPU terkonfirmasi melakukan verifikasi, tetapi tidak detail mengenai brodcas, karena di KPU lebih ketat terkait dengan durasi yang maksimal.

(mn-07)