Fatayat NU NTB Di Lantik Dan Laksanakan Latihan Kader Dasar

Ketua Fatayat NU NTB Dra. Hajjah Wartiah Mpd

MATARAM, MataramNews – Fatayat NU NTB masa bhakti 2010-2014 selama lebih dari satu tahun belum di lantik sejak dimandatkan oleh seluruh pengurus Fatayat NU se NTB Minggu 29/1/2012 bertempat di Asrama Haji jalan Lingkar selatan resmi dilantik.

Dra. Hajjah Wartiah Mpd, selaku ketua Fatayat NU NTB di lantik oleh Ketua Umum Pusat (PP) Fatayat NU. Agenda pelantikan yang dirangkaikan dengan Latihan Kader Dasar (LKD) bagi para anggota dan kader-kader Fatayat NU NTB selama tiga hari kedepan. Kegiatan LKD Fatayat NU NTB ini dibuka oleh Kanwil Kemenag NTB Drs. HL. Suhaimi Ismi yang mewakili Gubernur NTB.

Hadir dalam acara tersebut kepala Bakesbangpoldagri NTB H. Ridwan Hidayat, PW. NU NTB, para tuan guru, para pimpinan ponpes dan pengurus Fatayat NU se NTB.

Dalam sambutannya Dra. Hj. Wartiah, M.Pd menyampaikan “Fatayat NU adalah sebuah organisasi pemudi atau wanita muda merupakan salah satu lembaga otonom NU yang memiliki tujuan menegakkan Islam Ahlussunnah Waljamaah ditengah kehidupan masyarakat, ungkapnya.

Sedangkan tujuan lainnya untuk membentuk wanita muda Islam yang bertakwa kepada Allah SWT, berahklak mulia, cakap, bertanggung jawab berguna bagi agama nusa dan bangsa, terwujudnya masyarakat yang berkeadilan gender, terwujudnya rasa kestiaan terhadap azas akidah dan tujuan NU menegakkan syari’at Islam, jelasnya.

Selanjutnya visi terpenuhinya keadilan dan kesejahteraan perempuan melalui penguatan hak-hak perempuan, misinya yaitu membangun kesejahteraan perempuan, kemandirian perempuan, mengupayakan perubahan kebijakan yang berpihak pada perempuan, membangun kapasitas sumber daya manusia dan membangun kapasitas organisasi, jelasnya.

Sedangkan Fatayat NU NTB masa bhakti 2010-2014 telah melaksanakan kegiatannya diantaranya mengadakan shilaturrahmi bulanan setiap hari minggu awal bulan dengan kegiatan pengajian, arisan dan konsolidasi internal, membentuk majlis ta’lim, kopersai Fatayat NU, program tabungan umroh bersama keluarga besar Fatayat NU NTB. Bakti sosial, donor darah dan lainnya. Ungkapnya.

Sedangkan kegiatan yang akan berlangsung nantinya Latihan Kader Dasar (LKD) bertema mewujudkan kader Fatayat NU yang militan, cerdas yang memiliki loyalitas terhadap organisasi, ujarnya. Kata orang bijak “Hidup kita adalah hasil dari pikiran kita dan pikiran yang besar selalu dimulai dengan impian-impian besar”, ungkapnya.

Sedangkan sambutan Ketua Umum PP. Fatayat NU Dra. Hj. Ida Fauziah mengatakan “Kami sangat bangga dengan kerja-kerja dan program yang dilaksanakan Fatayat NU NTB karena selama satu tahun lebih pengurusnya belum di lantik, namun dengan semangat berorganisasi dan kebersamaan Fatayat NU NTB telah banyak melaksanakan program-programnya walaupun baru sekarang bisa kami lantik, ungkapnya.

Sebenarnya pelantikan merupupaka momentum yang sangat strategis untuk membangun dan berkonsolidasi secara internal karena semua hadir untuk bershilaturrahmi. Dan kami juga berharap kedepannya organisasi Fatayat NU menjalankan lebih profesional dan sesuai dengan amanat organisasi, kami melihat Fatayat NU NTB sudah mampu melaksanakan itu semua, ujarnya.

Sedangkan dalam kehidupan yang lebih luas kemiskinan banyak dialami oleh perempuan, bicara pendidikan perempuan jauh lebih banyak tertinggal yang dialami selama ini, dan banyak kesetaraan dan keadilan yang tidak bisa dirasakan oleh perempuan.

Di NTB banyak para perempuan yang bekerja diluar negeri, namun banyak dari mereka belum diberikan keterampilan yang seharusnya dimiliki sehingga sering terjadi permasalahan dimana mereka bekerja. Jadi sebelum mereka bekerja seharusnya mereka para perempuan harus diberikan bekal dan kemampuan seuai dengan kebutuhan dimana mereka akan bekerja nantinya, jelasnya.

Dan pemerintah juga harus memberikan lapangan pekerjaan bagi para perempuan, apalagi didalam negeri pasti akan lebih baik kedepannya. Dan para kader Fatayat NU harus memiliki skill atau kemampuan sehingga nantinya siap diterapkan untuk bekerja diberbagai aspek.

Sedangkan kader-kader Fatayat NU diminta jangan korupsi pada saat memimpin nantinaya, dan kami juga mengajak semua elemen untuk anti korupsi. Kader-kader Fatayat NU harus mampu menjawab semua persoalan-persoalan yang terjadi baik itu di daerah maupun secara nasioanal, pintanya.

Sambutan Gubernur yang sekaligus membuka acara LKD yang diwakili oleh Kanwil Kemenag NTB Drs. HL. Suhaimi Ismi mengatakan “kami memberikan apresaiasi yang positif bagi organisasi Fatayat NU terutama di NTB ini, apalgi dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan seperti ini, ungkapnya. Pelatihan bagi para perempuan dengan pengembangan skil yang sudah ada hal inilah kami harapkan kedepannya, jelasnya. Kehadiran organisasi perempuan memberikan hal yang positif bagi pengembangan perempuan terutama di NTB, jelasnya.   

Bagikan :