IKADIN Kota Mataram Deklarasi Advokat untuk Indonesia Damai

Acara Pelantikan jajaran pengurus Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Kota Mataram Periode 2019-2022 di salah satu hotel di Mataram, Sabtu (13/4/2019)

MATARAM, MN–Para advokat yang tergabung dalam Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Kota Mataran ikrarkan janji mewujudkan pemilu damai untuk Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Ikrar atau deklrasi dari para advokat IKADIN Kota Mataram tersebut dilakukan setelah jajaran pengurus periode 2019-2022 dilantik dan diambil sumpahnya oleh ketua IKADIN NTB, Suriahadi SH.

Dewan Penasihat IKADIN Kota Mataram H. Subuhunnuri SH dan Ketua IKADIN Kota Mataram Irfan Suriadiata SH, menandatangani piagam deklarasi Advokat untuk Indonesia Damai.

Ketua IKADIN Kota Mataram, Irfan Suriadiata SH mengatakan para advokat yang tergabung dalam IKADIN menyatakan sikap dan berkomitmen untuk mewujudkan pemilu damai untuk Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Kita ingin mewujudkan pemilu yang damai tanpa ada hoax dan ujaran kebencian,” ucap Irfan dalam acara pelantikan jajaran pengurus DPC IKADIN Kota Mataram Periode 2019-2022 yang dirangkai dengan rapat kerja dan orasi kebangsaan serta deklarasi Indonesia Damai, yang digelar di salah satu hotel di Kota Mataram, Sabtu (13/4/2019).

Selain itu, para advokat ini juga menyatakan sikap menolak segala bentuk politisasi sara dan politik uang, hal ini untuk menciptakan pemilu yang tertib, damai, dan berintegritas.

Tidak itu saja mereka juga mendorong agar warga masyarakat berbondong-bondong mendatangi TPS untuk menyalurkan hak pilih dan jangan ada yang golput.

Ada lima point yang menjadi komitmen atau sikap dari para advokat yang tergabung dalam IKADIN Kota Mataram guna mewujudkan pemilu damai untuk Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Point pertama, komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat, baik sebelum pelaksanaanpemilu dan pasca pelaksanaan Pemilu 2019, agar tercipta kehidupan masyarakat Indonesia yang bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Kedua, memberikan kepercayaan secara penuh kepada Petugas Penyelenggara Pemilu untuk melaksanakan tugas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian ketiga ikut serta dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, dengan mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019.

Keempat, mengajak sarta mendorong semua lapisan masyarakat untuk menciptakan pemilu yang tertib, damai, berintegritas, tanpa hoak, ujaran kebencian, politisasi sara dan politlk uang.

Serta point yang kelima yaitu mendorong masyarakat untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sengketa atau perselisihan hasil pemilu melalui mekanisme yang sesuai dengan peraturan perundang-udangan yang berlaku.

Sementara itu mewakili Walikota Matara, Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang menyambut baik dengan telah dilantiknya pengurus IKADIN tingkat Kota Mataram, apalagi dirangkaikan dengan orasi kebangsaan dan deklarasi damai.

“InsyaAllah dengan pelantikan ini akan semakin bersemangat serta bisa menyusun program kedepannya IKADIN Mataram, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa. Kita dari pemkot (Pemerintah Kota) bisa bersinergi dengan IKADIN untuk memberikan perspektif yang baik, selain itu ini sangat bangus apalagi dilaksanakan orasi kebangsaan dan deklarasi damai,” pungkasnya.

Pelantikan jajaran pengurus DPC IKADIN Kota Mataram Periode 2019-2022 yang dirangkai dengan rapat kerja dan orasi kebangsaan serta deklarasi Indonesia Damai, dihadiri oleh beberapa tamu undangan baik dari kalangan pemerintah, praktisi hukum, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, diantaranya Kabinda NTB H. Tarwo Kusnarno, Perwakilan dari Polda NTB, Perwakilan dari Korem 162/WB, Kepala OJK NTB, Asisten I Pemkot Mataram Lalu Martawang, Ketua DPD I IKADIN NTB Suriahadi, Dewan Penasehat IKADIN Mataram H. Subuhunnuri SH dan Jumarim Umar Maye.

(mn-07)