Bupati Najmul : KB Bukan Hanya Bicara Jumlah, Tapi Rencana Masa Depan Anak

Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), H. Najmul Akhyar, didampingi istri menyalamai anak-anak generasi Lombok Utara pada cara menyambut kunjungan kerja rombongan Ketua TP PKK NTB Ketua TP PKK NTB yang juga istri Gubernur NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, dalam rangka HKG PKK ke-47 yang dirangkaikan dengan Harganas ke-26, di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, KLU, Sabtu (27/4/2019).

KLU, MN–Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), H. Najmul Akhyar menyebut pentingnya arti Keluarga Berencana (KB) bukan hanya bicara jumlah tetapi bagaimana merencanakan kehidupan yang baik bagi kehidupan keluarga, sehingga bisa dipikirkan sejak dini.

“Kita berharap semua keluarga di Indonesia terutama di Lombok Utara memiliki rencana yang baik terhadap masa depan anak-anaknya,” kata Bupati Najmul saat menyambut rombongan TP PKK NTB, di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Sabtu kemarin (27/4/2019).

Menurut Bupati kedatangan rombongan TP PKK NTB memiliki arti penting bagi masyarakat pada saat masyarakat mengalami masa recovery mental, ekonomi dan lain-lain, sehingga roadshow TP PKK NTB dan rombongan ke KLU bermanfaat bagi warga.

Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati menjelaskan kunjungannya ke Lombok Utara didampingi oleh BKKBN, Dinas Perdagangan dan Dinas Perpustakaan Provinsi NTB.

“Kami datang tidak hanya ingin bertemu, tetapi juga memberikan sedikit keberkahan dan kebahagiaan untuk ibu-ibu dan bapak-bapak di sini. Diantaranya Bazar Pasar Murah, Perpustakaan Keliling,” jelas istri Gubernur NTB itu.

Tim PKK, menurut Hj. Niken, merupakan tim yang menggerakkan ibu-ibu pada semua tingkatan untuk bahu membahu dalam pemberdayaan keluarga.

“Kita bekerja sama dengan pemerintah di daerah masing-masing. Dari pusat kami diminta untuk mensukseskan tiga hal antara lain, program pencegahan stunting, menjaga lingkungan hidup dan melestarikan alam,” terangnya.

Dihadapan Bupati KLU dan Ketua TP PKK Provinsi NTB, Ketua TP PKK Lombok Utara Hj. Rohani, merealisasikan program kerja PKK dari pusat sampai desa untuk menyambut hari jadi PKK ke-43 dan Harganas ke-26 tahun 2019.

“PAUD adalah tempat pendidikan anak usia dini, binaaan mentor PKK, yaitu PAUD yang berada di Desa Genggelang Kecamatan Gangga ini. PAUD ini salah satu dari tujuh PAUD binaan PKK KLU,” imbuhnya.

Sementara itu, rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi NTB dipimpin Ketua TP PKK NTB yang juga istri Gubernur NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, berkunjung ke Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU) dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 yang dirangkaikan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 bersama masyarakat setempat.

Kedatangan rombongan TP PKK NTB diterima Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, dan Ketua TP PKK KLU yang juga istri dari Bupati Lombok Utara, Hj. Rohani, didampingi Kadis DP2KPMD Drs. Kholidi MM, Kadis Perindagkop KLU, Drs. H. Raden Nurjati, Kadis Dukcapil KLU Pahri, Camat Gangga Ahmad Suhadi, beserta tamu undangan lainnya.

Acara tersebut dirangkaikan dengan pembagian Akte Kelahiran dan pembagian Kartu Identitas Anak (KIA) dari Dukcapil, pembagian bibit dari Dinas Pertanian, pasar murah dari Dinas Perindagkop. Selain itu, ada pula penyerahan bibit tanaman, dan majalah kesehatan. Acara Roadshow TP PKK ini, diawali penyuluhan oleh BPPOM dan BKKBN Provinsi NTB.

(mn-07)