Kembangkan Pariwisata, Pemkab Loteng Gelar Festival Kuliner Tempoe Doeloe bersama Sampoerna

Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT, meninjau stan peserta Festival Kuliner Tempoe Doeleo di Alun-alun Tastura Praya Lombok Tengah, Minggu pagi (27/4/2019).

LOTENG, MN–Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) melalui Dinas Koperasi  dan UKM menggelar Festival Kuliner Tempoe Doeloe dan Oleh-Oleh Khas Lombok Tengah untuk mengembagkan sektor wisata kuliner.

Festival tersebut berlangsung meriah di Alun-alun Tastura. Diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Loteng serta para penggiat kuliner di daerah.

Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT

“Saat ini Pemda Lombok Tengah terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata tidak terkecuali di sektor kulinernya,” kata Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT kepada awak media di Praya Lombok Tengah, Minggu pagi (27/4/2019).

Disebutkan Bupati Suhaili, kuliner khas Lombok juga menjadi daya tarik sebuah promosi, terutama pariwisata. Ia mengatakan saat ini pemerintah daerah terus berusaha menyempurnakan regulasi serta kebijakan yang intinya meliputi pengembangan destinasi pemasaran pariwisata, industri pariwisata maupun diversifikasi jenis pariwisata lainnya.

“Perlu diingat penyumbang devisa terbesar kedua di Indonesia ada di sektor pariwisata setelah sektor pertanian. Di Kabupaten Loteng akan melakukan pembenahan dan menata pariwisata terlebih di sektor kulinernya,” ungkap Bupati Suhaili.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah, Ihsan M. Hut, menambahkan festival kuliner Tempoe sangat penting bagi pengembangan kepariwisataan di kabupaten Lombok Tengah. Nantinya juga akan memperkenalkan makanan khas yang dimiliki.

“Lombok Tengah dalam catatan dinas hampir ratusan makanan khas Lombok Tengah yang dimiliki,” ujar Kadis Koperasi dan UKM Loteng.

Karena itu, kata Kadis, melalui dinas koperasi terus mengembangkan kualitas makanan tradisional daerah. Sehingga makanan tradisional bisa diperkenalkan kepada wisatawan yang datang ke Loteng.

“Ketika tamu-tamu dari luar datang di daerah kita dengan menyajikan olahan khas daerah kita, pasti tamu-tamu tidak asing lagi jika berkunjung kembali dengan mengingat olahan makanan khasnya,” kata Kadis Ihsan.

Festival Kuliner Tempoe Doeloe dan Oleh-Oleh Khas Lombok Tengah tersebut digelar dalam rangka menyambut Ramadhan 1440 H, yang dirangkai dengan KRARO (Kita Rarat sambil Angkat Dedoro).

(mn-08)

Bagikan :