Bagu Bershalawat Sambut Ramadhan 1440 Hijriah

LOTENG, MN–Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hujriah, remaja masjid Baiturrahman Bagu, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah (Loteng), menggelar Bagu Bershalawat.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) NTB, Prof. DR. TGH. Masnun Thahir mengatakan bahwa salah satu tradisi NU adalah bershalawat. Ia mengajak jama’ah NU juga memperbanyak membaca istighfar.

“Mari mengisi bulan suci Ramadhan dengan bersodaqah. Apalagi selama sebelas bulan terakhir ini kita terlihat lelah, maka di bulan suci Ramadhan ini kita mensucikan diri,” imbuh Prof. Masnun.

Menurut Ketua NU NTB ini, membersihkan diri pertama yaitu hubungan antar manusia (Hablumminannas). Menghindari berita-berita hoax atau berita bohong di media sosial (medosos), dengan membersihkan semua jenis chating atau percakapan yaitu bersifat hoax.

“Insan-insan muttaqien adalah target kita di bulan suci ramadhan,” ujarnya.

Bersihkan diri kedua, kata Prof. Masnun, adalah Hablumminalalam dan Habluminallah. “Mari kita jaga NU ini dan kita melaksanakan tradisi-tradisi di NU,” imbuhnya.

Sementara Pengasuh dan Pembina Ponpes Qamarul Huda Bagu, TGH. LM. Turmudzi Badarudin mengajak jama’ah menyambut bulan suci ramadhan dengan puasa mulut (jaga lisan dari ucapan-ucapan tidak baik), puasa tangan (tidak melaksanakan hal-hal tidak baik dengan tangan), dan puasa hati (menjaga hati) dan puasa untuk menjaga air mata.

Acara Bagu Bershalawat yang digelar remaja masjid baiturrahman dan tim hadrah shalawat hubbunabi binaan TGH. L. Habiburrahman serta tim hadrah shalawat Merembu binaan dari H. Kunaifi, berlangsung di aula Shaleh Hambali Ponpes Qamarul Huda Bagu Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah, Sabtu malam (27/4/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Musytasar PBNU yang juga Rois Syuriah PWNU NTB TGH. LM. Turmudzi Badarudin, Ketua PW NU NTB Prof. DR. TGH. Masnun Thahir, Katib Am PW NU NTB DR. H. Adi Fadli, Ketua PP IPPNU serta para Tuan Guru, Santri, remaja masjid, pemuda dan para jamaah.

(mn-05)