200 TPS di Kecamatan Sandubaya Telah Selesai di Pleno

MATARAM, MN–Setelah melewati proses selama 10 hari, akhirnya pleno dari 200 TPS yang tersebar di 7 kelurahan tingkat Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, bisa dirampungkan pada Minggu 28 April 2019.

Kordiv SDM Organisasi dan Data Informasi Bawaslu Kota Mataram, M. Yusril menyampaikan bahwa pada proses pleno yang dimulai sejak 19 April kemarin selalu mendapatkan pengawasan yang cermat dari pihak Panwascam Sandubaya.

Menurutnya selama proses pleno dari 200 TPS yang ada di Kecamatan Sandubaya tersebar di tujuh kelurahan diantaranya, Dasan Cermen, Selagalas, Abiantubuh, Mandalika, Bertais, Turida dan Babakan tersebut juga dihadiri oleh saksi dari masing masing paslon dan saksi peserta pemilu.

“Terlihat juga ada intrupsi saat pleno berlangsung baik dari saksi Presiden dan Wakil Presiden maupun dari DPD atau DPR di semua tingkatan,” ucapnya.

Namun lanjut dia, ketika terindikasi ada kesalahan yang terjadi saat pleno, Pengawas Kecamatan (Panwascam) selalu menyarankan penyelesaian masalah melalui mekanisme aturan yang berlaku.

“Apabila ada di temukan indikasi ketidaksamaan C1 berhologram yang dipegang oleh PPK dengan C1 yang di pegang oleh pengawas dan saksi maka pengawas menginstruksikan untuk membuka C1 plano,” jelasnya.

Bahwa, lanjutnya, apabila C1 plano tidak dapat memberikan jawaban atau masih ada selisih maka pengawas mengintruksikan untuk menghitung ulang surat suara,” pungkasnya.

Untuk saat ini yang masih berjalan proses plenonnya tinggal lima kecamatan saja, diantaranya adalah Mataram, Selaparang, Cakranegara, Sekarbela dan Ampenan.

(mn-07)