Produk Pupuk Kaltim Tembus Pasar Asia Tenggara dan Amerika

Staf Departemen Yankomduk Pupuk Kaltim, Bambang Setyo dalan acara sosialisasi product knowledge, di Mataram, Selasa (30/4/2019).

MATARAM, MN–PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia yang saat ini memiliki kapastitas produksi urea 3,43 juta ton pertahun. Sebagian dipasarkan ke Asia Tenggara dan Amerika Serikat.

Dengan kapasitas produksi urea 3,43 juta ton pertahu, ternyata tidak hanya untuk konsumsi dalam negeri, namun juga dijual keluar negeri atau di ekspor.

Staf Departemen Yankomduk Pupuk Kaltim, Bambang Setyo menjelaskan bahwa dari produksi 3,43 juta ton pertahun tersebut ada sekitar 785 ton untuk di ekspor.

“Tahun 2018 ada sekitar 785 ton urea yang di ekspor,” jelas Bambang dalan acara sosialisasi product knowledge, di Mataram, Selasa (30/4/2019).

Dimana ungkap dia, ekspor 785 ton pupuk jenis urea tersebut dipasarkan ke Asia Tenggara dan Amerika Serikat. Namun ekspor baru dilakukan setelah kebutuhan dalam negeri tercukupi dan tentunya mendapat pengawasan langsung dari pihak Kementerian BUMN dan PT Pupuk Indonesia.

“Ekspor juga tergantung harga pasar di luar negeri, jika urea yang tinggi maka akan dijual jika jenis lain itu yang akan dijual keluar,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa bisnis utama Pupuk Kaltim ada memproduksi dan menjual Amaniak, Urea, pupuk NPK dengan segmen pasar dalam dan luar negeri.

Untuk wilayah distribusi sektor subsidi dalam negeri wilayah pemasaran meliputi 2/3 wilayah Indonesia kawasan timur, papua, sebagain besar Jawa Timur dan Kalimantan kecuali Kalimantan Barat.

Sedangkan produksi dari PT Pupuk Kaltim yang berdiri sejak tahun 1977 tersebut selain memproduksi urea namun juga pupuk jenis Amaniak sebanyam 2,74 juta ton pertahun dan jenis NPK 350 ribu ton pertahun.

(mn-07)

Bagikan :