Pemuda di NTB Dukung KPU dan Bawaslu Tak Terganggu Tudingan Miring

MATARAM, MN–Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Lintas Pemuda gelar aksi unjukrasa didua kantor penyelenggara pemilu di NTB. Aksi tersebut digelar sebagai bentuk solidaritas para pemuda terhadap dua lembaga penyelenggara pemilu 2019 yaitu KPU dan Bawaslu ditengah maraknya aksi dan statemen miring atas kinerja kedua lembaga tersebut dalam menggelar pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif.

Atas hal tersebut Aliansi Pemuda mendukung pihak KPU dan Bawaslu untuk terus bekerja sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh Undang Undang tanpa terganggu dengan tudingan miring.

Kordinator Lapangan, Rupawan mengatakan bahwa semua pihak harus menahan diri, menjaga keberlangsungan proses demokrasi.

“Kita serahkan kepada penyelenggara pemilu untuk bekerja sebagaimana tuntutan undang-undang, apapapun hasilnya, tunggu keputusan resmi KPU 22 Mei mendatang,” jelasnya.

Dia menuturkan bahwa proses demokrasi kali ini, memakan banyak nyawa, dimana ratusan petugas PPK dan KPPS yang gugur, ditambah dengan anggota Polri.

“Mari kita doakan secara bersama, pahlawan demokrasi. Mereka gugur mengawal pemilu. Kita tak perlu, mendelegitimasi penyelenggara pemilu,” terangnya.

Proses konstitusional berdemokrasi berjalan dengan baik. Meskipun ada problem yang perlu dievaluasi dan dibenahi secara bersama.

“Peopel power, yang ditengarai upaya tak menerima hasil pemilu harus ditolak. Sengketa pemilu pun ada harus diselesaikan sesuai mekanisme konstitusi,” ujarnya.

Salah satu orator Murniati menegaskan bahwa kondusitifitas ruang bangsa tergantung penempatan posisi kita dalam memahami kondisi. Sebagai pemuda, kita perlu hadir sebagai pencerah kebuntuan suasana-suasana pra dan pasca pemilu.

“Di NTB, kami berkomitmen menjaga dan merawat keharmonisan dan kondusitifitas kehidupan berbangsa dan bernegara pasca pemilu,” tutupnya.

Sementara Ketua KPU NTB Suhardi Soud menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari para pemuda.

“Kami komitmen melaksanakan tugas sesuai undang-undang yang berlaku. Kami Jamin kami bekerja profesional,” tegasnya dihadapan massa aksi di kantor KPU NTB.

Hal demikian juga disampaikan oleh pihak Bawaslu NTB, mewakili pimpinan Bawaslu, Kasubag Pengawasan, Ida Ayu Wayan Manik Kurniawati menemui massa aksi. “Terimakasih atas kepedulian dan suport dari adik adik generasi muda kepada kami,” ucapnya.

(mn-07)

Bagikan :