Mutasi Pejabat, Gubernur Lantik Ahsanul Khalik Sebagai Kepala BPBD NTB

MATARAM, MN–Diawal bulan puasa Ramadhan 1440 Hijrah, Gubernur NTB kembali melakukan mutasi pimpinan pejabat fungsional di lingkup Pemprov NTB.

Mutasi mulai dari eseolan II hingga eleson IV, salah satunya yang terkena mutasi adalah Kepala Dinas Sosial, H. Ahsanul Khalik dengan jabatan baru sebagai Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) menggantikan M.Rum yang dipercaya sebagai staf ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah mengatakan bencana yang dialami NTB semakin banyak, maka dibutuhkan orang yang sangat tepat untuk menduduki jabatan sebagai kepala BPBD.

“Bencana ini makin banyak, jadi dibutuhkan orang yang menurut saya kuat, punya kemampuan komunikasi lintas kominutas, punya pengalaman teritorial dan pak AKA pernah menjadi Plt Bupati Lotim,” ucap Gubernur ketika ditemui setelah acara pelantikan pengambilan sumpah jabatan pejabat fungsional di Lingkungan Pemprov NTB, Senin (6/5/2019).

Mrnurutnya BPBD mungkin akan menjadi salah yang paling penting nanti kedepan karena sesuai dengan visi NTB gemilang tangguh dan mantap.

“Jadi kita akan betul-betul prirotaskan badan bencana sebagai prioritas, sebagaimana diinfokan oleh BMKG bahwa terjadi 2117 kali gempa dan yang kita rasakan satu kemarin dan itu lebih besar hampir sama dengan setahun lalu, tapi sebenarnya kita mengalami gempa yang luar biasa belum lagi masalah banjir dan tanah longsong, jadi kita butuhkan orang yang betul-betul kuat,” ungkapnya.

Bahkan untuk memilih siapa orang tepat menduduki jabatan kepala BPBD NTB, Doktor Zul sapaan akrab dari Gubernur NTB mengakui mengalami kesulitan.

“Kita susah mencari orang yang tepat, terus terang yang tepat adalah pak AKA kadis sosial, karena memiliki kemampuan,” tegasnya.

Lalu terkait kenapa M.Rum diganti posisinya sebagai Kepala BPBD hal tersebut dikarenakan rasa kejenuhan yang setahun lebih menangani persoalan bencana yang menimpa NTB. Akan tetapi selama menjalankan tugasnya, kinerja yang dilakukan oleh M.Rum dianggap sangat baik dan memuaskan.

Sementara itu, Kepala BPBD NTB, Akhsanul Khalik mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan tugas yang selama ini telah dilaksanakan oleh kepala yang sebelumnya.

“Saya pikir kawan-kawan di BPBD cukup bagus karena pak Rum melaksanakan tugas selama ini sudah sangat baik tinggal saya melanjutkan saja, persoalan persoalan yang kurang itu kan manusiawi dan kudrati, itu yang menjadi nanti bagian saya untuk memperbaiki,” ucapnya.

“Seperti perintah pak gubernur tadi ada hal hal yang perlu dipertajam dan ada hal hal yang perlu diperbaiki, pasti diperbaiki,” tegasnya.

Karena itu kedepannya pihaknya akan terus melakukan komunikasi lintas sektor dan termasuk dengan pihak BPBD Kabupaten Kota.

Terkait dengan adanya sejumlah dana yang diduga salah sasaran hingga milyaran rupiah akan dipelajari terlebih dahulu seperti apa persoalan dan permasalahnya.

(hs-ntb/mn-07)