Pemkot Mataram : Harga Bahan Pokok di Pasar Mandalika Sudah Stabil

MATARAM, MN–Stabilkan harga bahan pokok pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemmkot) Mataram melakukan pemantauan sejumlah harga bahan pokok di pasar induk Mandalika.

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh memimpin langsung pemantauan harga bahan pokok di pasar Induk Mandalika, Kecamatan Sandubaya, pada Rabu (8/5/2019).

Pemantauan tersebut bertujuan untuk merespon cepat tanggapan warga mengenai harga bahan pokok yang sempat naik beberapa waktu yang lalu.

Wali Kota Mataram didampingi oleh kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) NTB Achris Sarwani, dan beberapa Kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Kota Mataram. Disela kegiatan itu Wali Kota Mataram menyampaikan bahwa harga kebutuhan dasar sudah mulai turun dan stabil.

“Memang sebelumnya terjadi kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok, seperti bawang putih import yang mencapai harga 80 ribu rupiah, hari ini sudah turun menjadi 40 – 45 ribu rupiah,” jelas Ahyar, dalam rilis yang disampaikan Humas Mataram, Rabu (8/5/2019).

Penstabilan harga bahan pokok akan mengacu pada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan. Kedepan untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang lebaran, Ahyar akan melakukan pemantauan dan pengawasan harga serta menggelar operasi pasar murah.

Disamping itu telah terbentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Mataram yang menangani inflasi Daerah khususnya kenaikan harga bahan pokok di pasar.

Achris Sarwani selaku Kepala Kantor Wilayah BI NTB menambahkan, TPID memiliki tugas untuk memonitor stok dan harga bahan pokok secara terus menerus.

“Jika ada stock yang bermasalah akan segera dicari solusi,” ujarnya.

Bagikan :