- advertisement -

KLU, MataramNews – Gerakan Penanaman satu miliar pohon yang di canangkan Presiden Republik Indonesia akhir November 2011 lalu, mendapat respon serius dari camat Kayangan Kabupaten Lombok Utara.

Hal ini dibuktikan dengan melakukan penyebaran sepuluh ribu bibit pohon yang diawalai dengan penenaman bersama di lapangan umum Kayangan, Sabtu 14/1. Penyebaran berbagai jenis bibit pohon ini dilakukan kerjasama dengan UPTD Pertanian dan Perintis Wana Tani Lahan kering, H. Mustakim.

Camat Kayangan, Tresnahadi mengatakan,  penanaman pohon penghijauan dilakukan melibatkan karyawan seluruh SKPD, Kepala Desa, Sekdes, Kwarran Gerakan Pramuka, siswa-siswi SMA/MA dan SMP/MTs se kecamatan Kayangan.

“Penghijauan  tahap pertama kita pusatkan di lapangan umum Kecamatan,kemudian pada minggu berikutnya kita laksanakan di masing-masing desa,”kata Tresnahadi. Dikatakan, hutan itu amanat, titipan dari Allah Swt buat anak cucu kita dan kalau tidak dijaga dan lestarikan maka akan tak terhitung kerugian materi dan non materi yang ditimbulkan.

Sementara H.Abidin mengaku,  jumlah bibit yang di alokasikan untuk ditanam di areal lapangan umum Kayangan sebanyak 10.000 bibit. “Dari jumlah itu, yang paling banyak adalah sengon, jati putih (gamalina), sawo, trambessi, durian, beringin, ketapang, lamtoro dan nangka”, urainya.

H.Abidin Mustakim mengajak seluruh komponen  masyarakat Kayangan untuk bersama-sama menanam, merawat, menjaga dan melestarikannya demi kelangsungan hidup berbagai hayati diwilayah tersebut.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !