KLU, MataramNews – Sejumlah pembangunan proyek jalan sepanjang tahun 2011 lalu di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dinilai rendah dan jauh dari standart kualitas, membuat Dinas PU Pertambangan dan Energy Lombok Utara mengaku sangat kecewa.
“Sebenarnya kami sangat kecewa dengan hasil sejumlah proyek jalan yang dibangun dibeberapa lokasi selama tahun 2011, yang berdampak pada banyaknya reaksi masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan tersebut,” ungkap Kepala Dinas PU Tamben KLU, Ali Ansyari, saat ditemui diruang kerjanya.

Dikatakan Ali, pihaknya sering mengingatkan kepada para kontraktor, terutama bagi mereka yang hasil pengerjaan proyeknya rusak sebelum diserahterimakan dan masih dalam masa perawatan, untuk segera melakukan perbaikan, agar masyarakat tidak complain, apalagi sampai ditanami pohon ditengah jalan.

“Selama tahun 2011 lalu, memang banyak masyarakat yang bereaksi terhadap rendahnya kualitas hasil pengerjaan proyek jalan di KLU, bahkan sampai menanam pohon pisang di tengah jalan, seperti di Dusun Karang Nagka dan beberapa tempat lainnya,” ungkapnya.
Ali Anshari juga mengatakan, masih terbatasnya ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas di lingkup dinasnya, diakui menjadi salah satu penyebab rendahnya kinerja Dinas dalam menjalankan semua konsep pembangunan, mulai dari perencaaan, pengerjaan dan pengawasan, termasuk kurangnya komunikasi yang terbangun dengan pihak-pihak terkait sebagai sinergisitas pendukung semua program yang sudah ada.
Sementara, anggota DPRD KLU, Ardianto SH, ditempat terpisah mengatakan, justru karena hasil proyek yang kualitasnya buruk, pihak PU seharusnya lebih tegas, caranya dengan maksimalkan system pengawasan terhadap setiap proyek yang berlangsung. “Jika ada yang tidak sesuai, silahkan tegur dan bila perlu di blacklist”, tegas Ardianto.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !