Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah memimpin rapat singkat dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, di Jalan Pendidikan Mataram, Rabu (30/1/2019).
- advertisement -

KLU, MataramNews – Pelatihan pembuatan pestisida organik cair, yang berlangsung di aula kantor desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, 18/1 diikuti puluhan peserta dari kelompok tani.
Kegiatan yang diprogramkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Karang Bajo tersebut menghadirkan nara sumber dari Lembaga Buruh dan Petani Kecamatan Bayan, Adlan Mamnun

Adlan Mamnun dalam pemaparannya mengatakan, daerah kita kaya dengan sumber daya alam yang dapat dimampaatkan untuk membuat pupuk organik cair, seperti daun papaya, samba dan lainnya.

“Semua bahan ini bila diolah, tentu akan mampu membantu petani untuk mengurangi menggunakan pupuk yang mengandung zat kimia yang merusak unsur hara tanah”, katanya.

Sementara Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa pelatihan ini merupakan program dari LPM yang didanai dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Diharapkan, apa yang dihasilkan dari pelatihan ini dapat dikembangkan oleh para kelompok tani, sehingga kebutuhan akan pupuk yang mengandung zat kimia dalam mengelola pertanian dapat dikurangi.

Setelah diberikan tiori dilanjutkan dengan praktek bersama membuat pestisida organik dan langsung digunakan untuk  menyemprot tanaman yang ada didepan kantor desa.