Lotim, MataramNews – Sebanyak 1.000 lebih bibit pohon ditanam oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) NTB bekerjasama dengan Pondok Pesantren Nurul Haramain, Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) di areal Pelabuhan Haji Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Penanaman 1.000 lebih pohon jenis Trembesi dan Ketapang itu melibatkan ratusan santri Pondok Pesantren Nurul Haramain dan puluhan guru yang tergabung dalam IGI NTB dibantu Dishubkominfo dan Dikpora Kabupaten Lotim. Hadir dalam acara itu, Bupati Lotim Drs. H. M. Sukiman Azmy, MM Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Haramain, Narmada, TGH Hasanain Juaini, dan Ketua IGI NTB, Ermawati, S.Pd.

TGH. Hasanain Juaini di Lombok Timur, Senin (23/1), mengatakan penanaman 1.000 lebih pohon itu dalam rangka gerakan mari menanam pohon untuk meningkatkan kesadaran kesehatan, sanitasi, pengurangan risiko bencana, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Selain di Pelabuhan Haji, pihaknya juga telah menanam bibit pohon dilahan seluas 100 Ha di Bendungan Pandan Dure juga Kabupaten Lombok Timur, kemudian 7.000 bibit pohon di Bandara internasional Lombok (BIL) Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa di Rumah Sakit Rujukan Pulau Sumbawa.

“Tahun ini direncanakan 1 juta sehingga dalam kurun waktu 10 tahun untuk mendukung gerakan penanaman 1 miliar pohon bisa terlaksana. Karena setiap tahun 3,5 juta pohon di tebang di NTB,”terang Haramain.

Ketua IGI NTB, Ermawati, S.Pd, juga menyampaikan bahwa organisasi IGI yang didalamnya memiliki banyak guru-guru muda akan terus mendukung gerakan mari menanam pohon.
 
Melalui, kegiatan ini diharapkan agar masyarakat tidak hanya peduli melakukan penanaman pohon, tetapi juga aktif untuk merawat, menjaga, dan melestarikannya untuk menciptakan lingkungan sehat dan bersih. Sehingga kelestarian lingkungan dapat tetap terjaga dengan baik jika masyarakat selalu melakukan peremajaan dan penanaman kembali secara rutin.

Dengan adanya partisipasi aktif dan kesadaran warga yang semakin meningkat terhadap lingkungan, maka akan tercipta lingkungan yang sehat dan asri. “Walaupun Pelabuhan Haji itu terletak dipinggir pantai masyarakat diharapkan tetap semangat untuk mengelola lahan dan menanam pohon untuk menciptakan lingkungan yang hijau demi masa depan yang lebih baik,”tandasnya.(im)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !