Meneg Koperasi Dan UKM Berkunjung Ke Kota Mataram

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah UKM Syarif Hasan bersama Walikota Mataram H. Ahyar Abduh

(MATARAM) MATARAMnews – Walikota Mataram H. Ahyar Abduh berharap besar atas kedatangan Menteri Negara (Meneg) Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarif Hasan yang berkunjung ke Koperasi Sejahtera Bersama di Kelurahan Pagutan Kota Mataram, Sabtu (11/2). Walikota menilai kedatangan Menteri Negara Koperasi dan UKM tersebut akan memberikan dampak positif terhadap keberadaan Koperasi di Kota Mataram khususnya.

“Dengan melihat langsung kondisi Koperasi di Kota Mataram, pemerintah pusat akan mengetahui keberhasilan koperasi yang patut menjadi contoh bagi daerah lain, serta kelemahan koperasi yang membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat,” paparnya.

Menurutnya, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat perkembangan Koperasi di Kota Mataram, khususnya Koperasi Sejahtera Bersama yang pada tahun 2010 lalu telah mendapat bantuan berupa mesin bordir komplit dengan nilai Rp 410 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM. “Alhamdulillah setelah adanya bantuan itu, usaha Koperasi Sejahtera Bersama terus berkembang dan produksi jahitan 240 anggotanya pun mengalami peningkatan,” katanya.

Terkait dengan itu Walikota berharap agar program-program koperasi dan UKM untuk Kota Mataram ke depan lebih banyak lagi. Sementara terkait dengan promosi, lanjut Walikota pihaknya akan mengarahkan setiap ada kegiatan pembuatan kaos, seragam dan lainnya untuk diproduksi di koperasi, sehingga dapat memberikan dampak langsung terhadap pengusaha di Kota Mataram. Karena selama ini pemesanan selalu dilakukan ke luar daerah.

Kegiatan kunjungan tersebut Menteri Negara Koperasi dan UKM didampingi Wakil Gubernur NTB, H. Badrul Munir, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, Asisten II Setda Kota Mataram H. Efendi Eko Saswito serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat Propinsi NTB dan Kota Mataram.

Dalam arahannya Menteri Negara Koperasi dan UKM meminta kepada semua pengurus Koperasi di NTB agar lebih aktif dan kreatif mencipatakan wirausaha baru, dengan harapan untuk membantu percepatan peningkatan kesejahteraan masyakat di NTB. “Namun demikian, pemerintah setempat juga tidak tinggal diam. Artinya, harus terus memberikan pembinaan dengan memperhatikan program-program yang sudah dijalankan dan akan dilaksanakan,” pintanya.

Selain itu Menteri Negara Koperasi dan UKM juga merespon harapan dari Walikota Mataram. “Apapun yang menjadi harapan dan aspirasi daerah tetap kita sikapi, akan tetapi harus dengan skala prioritas dan bertahap,” ujarnya mengakhiri. (nir/yudi foto humas)