Seribu Sahabat Teman Sebaya Pelajar Anti Narkoba Dikukuhkan

Pengukuhan sahabat teman sebaya pelajar

(MATARAM), MATARAMnews –  Seiring dengan telah dicanangkannya Sekolah dan Kantor di Kota Mataram bebas dari Narkoba tahun 2011 lalu. Pemerintah Kota Mataram telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan hal itu. Bahkan Walikota Mataram  H. Ahyar Abduh minta kepada  Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Mataram agar jangan ragu untuk terus melakukan tes urine secara berkala terhadap semua pegawai di lingkup Pemkot Mataram.

“Apapun kata orang, BNNK Mataram harus jalan terus melaksanakan program,” tegas Walikota  usai  mengukuhkan sahabat teman sebaya pelajar tingkat SMP, MTs, SMA, SMK MA negeri swasta di halaman kantor Walikota setempat, Sabtu (18/2) yang ditandai dengan penyematan PIN, pembacaan ikrar sahabat teman sebaya pelajar sekaligus penandatangan pesan Walikota Mataram tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Komitmen Walikota untuk mewujudkan Kota Mataram bebas narkoba tahun 2015, memotivasi Walikota mengatakan seandainya Walikota diberikan secara hukum agar hasil tes urine pegawai yang dinyatakan positif, pihaknya tidak akan ragu-ragu mengeluarkan pegawai tersebut baik secara terhormat maupun tidak terhormat dari lingkup Pemkot Mataram.

Namun selama ini dengan hasil tes urine yang telah dilakukan, Walikota hanya meminta tanggung jawab dari kepala SKPD bersangkutan untuk dilakukan pembinaan dan terus diawasi. “Sementara saya akan melakukan musyawarah dan kajian terhadap penerbitan peraturan walikota (perwal) yang mengatur penyalahgunaan narkoba terhadap siswa sekolah dan PNS untuk dilakukan rehabilitasi,” ucapnya tegas.

Terkait dengan itu Walikota memberikan apresiasi terhadap upaya BNNK Mataram yang telah mengukuhkan 1.000 siswa tingkat SMP dan SMA sederajat menjadi penyambung komunikasi tentang bahaya narkoba. Diharapkan, sahabat teman sebaya pelajar ini mampu menjalankan peran sebaik-baiknya, baik di lingkungan teman sekolah maupun teman di lingkungan bermain. “Mengingat generasi muda cenderung lebih mudah dan sangat rentan terpengaruh sehingga dapat menyeret mereka ke hal-hal yang berdampak negatif,” ingat Walikota.

Sementara Kepala BNNK Mataram, H. Abdul Latif Nadjib mengatakan dengan moto ‘Peduli Sepenuh Hati’  BNNK Mataram telah melaksanakan berbagai kegiatan sebagai upaya memutus mata rantai narkoba khususnya di Kota Mataram. Seperti yang dilakukan saat ini yakni pegukuhan 1.000 siswa SMP dan SMA sederajat yang merupakan perwakilan dari 3.290 siswa dari masing-masing sekolah sebanyak 30 siswa  untuk melaksankan pesan Walikota Mataram P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba).

“Indonesia merupakan pangsa pasar terbesar narkoba, karena sangat laku dan banyak peminat, tapi tidak di Kota Mataram. Insya Allah,” imbuhnya. Lebih jauh Latif menyampaikan, bahwa selain sebagai penyambung komunikasi ‘duta anti narkoba’ ini nantinya akan mendapatkan pelatihan program rehabilitasi sekitar bulan April 2012 mendatang.

Kegiatan pengukuhan sahabat teman sebaya pelajar anti narkoba itu, dihadiri Ketua DPRD Kota Mataram H. Muhamad Zaini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Kota Mataram HL. Makmur Said, para Asisten Setda Kota Mataram, dan semua Kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram.  (nir/nyem foto humas)

Bagikan :