(MATARAM), MATARAMnews – Bulog Divre NTB, siapkan strategi baru dalam penyaluran beras raskin 2012 untuk menghindari timbulnya keluhan masyarakat. Menurut Kadivre Bulog NTB melalui Kabid Menko, Kusnan, mengatakan strategi tersebut diantaranya untuk peningkatan kualitas beras raskin yang akan disalurkan hingga melakukan pengawalan pendistribusian. “Pengawalan dan dititik pendistribusian dilakukan pengecekan,” Ucapnya ketika ditemui setelah sosialisasi penyaluran raskin dikantor Walikota Mataram,Senin (20/2) pagi.

Menurutnya, pengecekan dilakukan guna untuk mengetahui beras raskin sudah sesuai dengan standar atau tidak, namun jika dilapangan ditemukan kesalahan penyaluran maka pihak Bulog siap untuk mengganti beras raskin tersebut. Sementara itu, pada sosialisasi penyaluran raskin yang diikuti oleh Lurah dan Camat se-Kota Mataram tersebut, disebutkan bahwa raskin yang akan disalurkan pada masyarakat yang akan menerimanya masih menggunakan data tahun 2011. “Data yang akan digunakan dari bulan Januari hingga Mei masih menggunakan data raskin 2011, namun mulai bulan Juni akan digunakan data yang baru.

Sedangkan jumlah raskin yang akan disalurkan berdasarkan data 2011 sebanyak 387.405 kg, untuk yang menerimanya sebanyak 25.827 KK. Penyaluran Raskin tahun ini ada yang beda dengan tahun sebelumnya, karena penyaluran saat ini tidak lagi menggunakan ukuran 15 kg namun kini sudah menggunakan 49,92 kg netto.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram. Putradi, mengatakan bahwa data yang saat ini digunakan masih pendataan 2008 lalu. “Pendataan dilakukan dalam waktu 3 tahun sekali,” Ucapnya. Sedangkan untuk pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2012 masih dalam pemutahiran dan data tersebut diprediksikan baru bisa digunakan pada penyaluran raskin pada bulan Juni mendatang.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !