Walikota Mataram didampinh sebelah kiri, H. Syaiful Mukmin sebelah kanan L. Martawang

(MATARAM), MATARAMnews – Peraturan Walikota Mataram No.9 tahun 2012 tentang hibbah  Dana Pembangunan Kelurahan (DPK) Kota Mataram disosialisasikan. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti 50 orang perwakilan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) dan LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) di ruang kenari lingkup Kantor Walikota Mataram, Rabu (22/2) dipimpin Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) H. Syaiful Mukmin dan Sekertaris Bappeda Kota Mataram L. Martawang, kegiatan itu bertujuan untuk percepatan pembangunan menuju Kota Mataram yang maju, religius dan berbudaya.

Walikota Mataram H. Ahyar Abduh saat membuka sosialisasi menyampaikan kepada pengurus BKM dan LKM se Kota Mataram agar dapat memanfaatkan  dana DPK sebesar Rp 50 pada masing-masing kelurahan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.  Pemberian DPK dimaksudkan untuk melibatkan masyarakat, bukan hanya perencanaan pemerintah, tetapi masyarakat harus ikut berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan, salah satunya jalan lingkungan serta keperluan-keperluan lainnya di masyarakat.

Hal itu sesuai dengan arahan kegiatan DPK yakni, diprioritaskan pada program kegiatan yang memiliki manfaat bagi masyarakat secara langsung,  serta merupakan dana stimulan fisik sebagai aplikasi hasil MPBM kelurahan. “Sehingga setiap ada kegiatan pembangunan, diharapkan ada partisipasi masyarakat memberikan bantuan,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Walikota menyampaikan bahwa tidak ada satu lingkungan  atau kelurahan pun di Kota Mataram ini yang di ‘anak tirikan’. Akan tetapi programlah yang belum sampai ke kawasan tersebut karena keterbatasan anggaran, namun akan tetap dilakukan pembangunan secara bertahap. Tahun 2012 ini infrastuktur diprioritaskan, drainase, perbaikan jalan lingkungan, perbaikan rumah tidak layak huni termasuk perumahan nelayan, pembangunan jalan baru di Pengulu Agung sepanjang 2 kilo meter (KM), pelebaran Jalan Gajah Mada dan perencanaan Jalan Bung Hatta tembusan ke Jalan Sudirman.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !