Puskesmas Karang Taliwang Kota Mataram

Seluruh Puskesmas Diperintahkan Walikota Pasang Spanduk Program Berobat Gratis


Mataram, MATARAMnews – Walikota Mataram H Ahyar Abduh menegaskan, “akan mencopot Kepala Puskesmas dari jabatannya bila masih ada ditemukan Puskesmas yang membandel alias masih melakukan pungutan kepada masyarakat terkait program pelayanan kesehatan gratis yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Kota Mataram sejak bulan Januari 2012 lalu”.

“Kalau ada yang masih pungut, panggil. Saya kira dia sudah tidak cocok lagi di situ,”tegas orang nomor satu di Kota Mataram itu, pada rapat koordinasi dengan jajaran SKPD Kota Mataram, Kamis (23/2/2012). Ia mengatakan jika saat ini ditemukan ada puskesmas yang membandel alias masih melakukan pungutan, maka kepala puskesmas bersangkutan perlu dipanggil. Sebab, menurutnya kepala puskesmas tersebut sudah tidak cocok lagi menjabat dan bila perlu langsung diganti.

Pernyataan Walikota ini sebagai sebuah keseriusan bagaimana tindak lanjut program yang telah dilounching tersebut. Sekaligus sebagai pertanyaan dan sinyal sukses dan lancarnya program tersebut kepada SKPD terkait. Sebelumnya, Walikota juga memerintahkan agar setiap puskesmas yang ada di kota  Mataram dilengkapi dengan spanduk pemberitahuan mengenai program tersebut sehingga diketahui oleh masyarakat secara luas.  Di sisi lain, Walikota juga mengingatkan jangan sampai kebijakan pelayanan gratis di Puskesmas menurunkan kinerja aparat dan tenaga medis yang ada, sehingga kualitas pelayanan berkurang.

Kendati Puskesmas digratiskan, namun dalam APBD 2012 Pemkot Mataram telah mengalokasikan anggaran untuk biaya jasa medis pada 10 Puskesmas atau tunjangan keselamatan tenaga kesehatan untuk menjaga resiko ketularan penyakit dalam setiap kegiatan melaksanakan tugas.

Program pelayanan kesehatan gratis yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Kota Mataram sejak bulan Januari 2012 lalu juga ditetapkan Walikota sebagai hari pertama pelayanan kesehatan gratis  seperti dituangkan dalam  Peraturan Walikota (Perwal)   No 1 tahun 2012.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !