KPU Kota Mataram Verifikasi Faktual DPC 12 Parpol

MATARAM – Verifikasi Faktual terhadap partai politik (porpol) lama, berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharuskan KPU sebagai penyelenggara pemilu. Maka sebanyak 12 parpol yang memiliki Dewan Pengurus Cabang (DPC) di Kota Mataram dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Kota Mataram.

Dimana KPU Kota Mataram melakukan verifikasi terhadap ke-12 parpol tersebut dengan mendatangi kantor kantor partai politik. KPU Kota Mataram dalam hal ini menggunakan strategi yaitu membagi zona waktu verifikasi faktual menjadi dua gelombang yaitu pagi dan sore hari.

Ditemui saat melakukan verifikasi faktual di DPC PAN Kota Mataram, Komisioner KPU Kota Mataram, Divisi Hukum, Faizah mengatakan bahwa sesuai dengan jadwal verifikasi faktual parpol lama, selama tiga hari yaitu dimulai tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018.

“Kita di Kota Mataram melakukan verifikasi faktual untuk partai lama mulai hari ini. Mulai dari pagi hingga sore,” ucap Faizah, Rabu (30/1/2018) sore.

Menurutnya bahwa nanti pada tanggal 2 Februari hasil verifikasi faktual ini nantinya akan diserahkan oleh KPU Kota Mataram kepada parpol.

“Yang kita serahkan nanti yaitu hasil kita turun ini. Apakah MS atau TMS untuk keanggotaan sedangkan BMS untuk kepengurusan,” terangnya.

Setelah itu lanjutnya bahwa nanti pada tanggal 3 hingga 5 Februari akan dilakukan penyerahan hasil perbaikan dari parpol ke KPU Kota Mataram. Lalu kemudian pada tanggal 6 Februari KPU kemnbali melakukan verifikasi faktual atas hasil perbaikam yang diserahkan oleh parpol.

Namun ketika ditanya terkait dengan apakah hasil verifikasi faktual tersebut bisa langsung akan diperoleh atau diketahui oleh parpol. Dengan tegas Faizah menjelaskan bahwa hasilnya nanti akan diumumkan oleh KPU pusat.

“Kita tidak berhak untuk umumkan hasil verifikasi terhadap parpol namun yang berhak adalah KPU Pusat,” pungkasnya.

Sementara itu dalam verifikasi ini yang diverikasi faktual oleh KPU diantaranya, SK Kepenguruaan dan jajaran pengurus yang dibuktikan dengan E-KTP dan KTA.

Dari pantau dilapangan verifikasi faktual terhadap 12 parpol lama, KPU Kota Mataram membagi enam tim, seperti yang terlihat di DPC PDIP dan DPC PAN. Kota Mataram berjalan dengan lancar dan disambut dengan antusiasme.

Verifikasi faktual juga dipantau dan diawasi oleh pihak Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataram.

(mn-07/r3)

Bagikan :