Ketua Umum Pimpinan Pusat Yayasan Ponpes Al-Mukhtariah Mamben Lauk Drs. TGH. Djuani Adnan

LOTIM, MATARAMnews – Sejak didirikannya Ponpes Al-Mukhtariyah Mamben Lauk Kecamatan Wanasaba Lotim oleh pendirinya Alm TGKH. Afifuddin Adnan yang sampai saat ini Ponpes ini telah genap berusia 22 tahun. Namun kondisinya masih seperti dulu, belum banyak perubahan baik dalam pembangunan maupun yang lainnya, dan niat tulus dan ikhlas pendiri dari Ponpes inilah yang memberikan inspirasi bagi para penerusnya untuk mengembangkan lebih maju.

Bahkan Ponpes itu yang juga mitra pemerintah dalam pengembangan berbagai aspek tidak terlepas dari dorongan dan motivasinya baik secara moril maupun materi dalam pengembangan Ponpes ini kedepan.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Ponpes Al-Mukhtariyah Mamben, Drs TGH. Djuani Adnan saat tasyakkuran hari jadi Ponpes yang ke 22 dihadapan para tamu undangan dan jamaah yang hadir dalam acara itu, pada Sabtu (25/2/2012) lalu.

“Mari kita mengingat kembali kisah perjuangan Alm TGKH. Afifuddin Adnan pada saat mendirikan Ponpes Al-Mukhtariayah ini, banyak inspirasi dan pelajaran yang sangat berharga kita jadikan sebagai modal untuk membangun dan membesarkan ponpes ini kedepan,“ pintanya.

Bahkan, lanjutnya, para sahabat dan teman dekat Alm TGKH. Afifuddin Adnan yang hadir pada saat ini merupakan bagian dari Ponpes Al-Mukhtariyah untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan pemikiran-pemikiran yang pernah di berikan kepada kita semua.   

Sedangkan Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy dalam sambutannya mengatakan “Momentum hari jadi Ponpes Al-Muktariyah Mamben yang ke 22 ini merupakan hal yang sangat tepat untuk evaluasi perjalanan Ponpes ini, dan untuk mengembangkan lebih maju dari sebelumnya”.

Pemerintah Lotim, lanjutnya, tidak bisa berbuat banyak bagi madrasah-madrasah yang ada karena sudah ada garis dan ketentuannya bagi madrasah swasta, bahkan jumlah madarsah-madrasah tersebut hampir seribuan jumlahnya di Lotim mulai dari  MI, MTs dan MA sedangkan madrasah Negeri di Lotim hanya enam. Sedangkan jumlah Ponpes di Lotim 167 Ponpes, untuk masjid jumlahnya 1968 masjid. “Saya sampaikan kepada Dikpora Lotim yang hadir saat ini agar membantu ponpes Al-Mukhtariyah karena ada TK/RA dan SMA nya,” ujar Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy.

Sedangkan pimpinan DPRD Lotim yang disampaikan oleh wakil ketua DPRD Lotim H. Daeng Paelori yang pada intinya dalam sambutannya menjelaskan terkait telah di ketoknya APBD 2012.

Sedangkan HM. Mesir Suryadi yang juga ketua PMR NTB dalam sambutannya mengatakan “Banyak pemikiran-pemikiran atau konsep berilyan Alm TGKH. Afifuddin Adnan yang kami laksanakan untuk membangun NTB ini, bahkan pada saat saya masih di DPR RI hasil pemikiran dan konsep beliaulah yang kami sampaikan dan terapkan. Alm TGKH. Afifuddin Adnan merupakan salah satu tokoh yang moderat dan sangat terbuka bagi semua kalangan yang kami kenal sajak dulu. Dan kami minta kepada generasi penerusnya untuk meneruskan cita-cita dan perjuangan yang beliau telah laksanakan.

“Bahkan kalau bisa seandainya saya menjadi presiden dulu saya angkat Alm TGKH. Afifuddin Adnan menjadi Menteri semasih beliau hidup,” ungkap H Mesir.

Lanjut H Mesir, walaupun kecil Ponpes Al-Mukhtariyah Mamben ini tapi banyak orang-orang Mamben atau para pengusaha dan pedagang yang saya temui di luar daerah. Melihat kondisi Mamben dan masyarkatnya yang banyak tersebar di berbagai belahan daerah di Indonesia ini, maka pemerintah daerah dan pusat agar memperhatikan Desa Mamben.

“Terutama Ponspes ini harus diberikan bantuan untuk membangun dan mengembangankan dunia pendidikan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah Lotim, Pemrov NTB dan Pusat,” pintanya.

Lebih jauh H Mesir menjelaskan bahwa anggaran untuk pendidikan di wajibkan 20 persen baik di kabupaten maupun propinsi, dari 20 persen tersebut Ponpes Al-Mukhtariyah harus diberikan. “Melihat kondisi madrasah Ponpes Al-Mukhtariyah Mamben ini yang memperihatikan, maka anggaran 2012 ini harus diberikan,” tegasnya sambil menyebut wakil ketua DPRD Lotim H. Daeng Pelori, perwakilan kanwil NTB dan Dikpora Lotim.

Dalam acara itu juga, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ponpes Al-Mukhtariyah Mamben Drs TGH. Djuani Adnan memberikan santunan bagi ratusan anak yatim dan orang tua jompo.
 
Sedangkan pengajian umum yang di sampaikan oleh TGH. Yusi Adnan, BA dan di ahiri dengan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh TGH. Abubakar.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !