Kader Terbaik PMII NTB Terpilih Sebagai Sekjend PB PMII 2017-2019

JAKARTA – Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke XIX yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo pada 16-21 Mei 2017, di Palu telah menetapkan Agus Mulyono Herlambang sebagai Ketua Umum PB PMII masa khidmat 2017-2019 yang menggantikan Aminuddin Ma’ruf.

Selain forum kongres memilih Ketua Umum, membahas agenda internal dan eksternal organisasi. Juga memilih Tim Formatur yang bertugas membantu Ketua Umum terpilih untuk menyusun struktur kepengurusan PB PMII masa khidmat 2017-2019. Tim Formatur dipilih berdasarkan zona yang telah ditetapkan di forum Kongres. Jumlah Tim formatur sebanyak 11 orang, 9 orang perwakilan zona dan 2 orang lainnya yakni ketua umum demisioner dan ketua umum terpilih.

Adapun nama Tim formatur yakni Aminuddin Ma’ruf (Ketum Demisioner), Agus M Herlambang (Ketum Terpilih), Lr zulkarnain (Zona Bali-Nusra), Tamrin Lumalessin (zona Maluku-Papua), M Syarif Hidyatullah (Zona Sulawesi), Devi (Zona Kalimantan), A Ridwan Hasibuan (Zona Sumatera), Mukhtar Attijani ( Zona Banten -DKI), Zaina Arifin (DIY-Jateng), Ayi Sofwanul Umam (Zona Jawa Barat) dan Zainuddin (Zona Jawa Timur).

Setelah melaui proses panjang pasca terpilihnya Ketua Umum PB PMII di Kongres ke XIX, Agus M Herlambang. Ketua Umum Terpilih atas persetujuan Seluruh Tim formatur memilih dan menetapkan kader terbaik PMII NTB Sabolah Al Kalamby Sebagai Sekretaris Jenderal PB PMII 2017-2019. Pengukuhan PB PMII 2017-2019 yang di pimpin langsung oleh Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) HA Muhaimin Iskandar yang dihadiri para alumni dan senior PMII dilaksanakan pada Minggu 1 Oktober 2017 malam, di Jakarta Islamic Centre Jakarta Utara.

“Alhamdulillah saya dipercayakan oleh sahabat Ketua Umum Terpilih Sahabat Agus M Herlambang berserta Seluruh Tim Formatur untuk menjadi Sekjen PB PMII masa khidmat 2017-2019. Semoga kesempatan dan amanah ini bisa saya pegang untuk kejayaan PMII diperiode kami khususnya dan mendesign untuk kemajuan PMII di massa mendatang pada umumnya, dan juga semoga menjadi penyemangat bagi kader-kader kami yang ada di daerah dalam berproses”, ungkap Sabolah saat dikonfirmasi via telphone.

Sabolah merupakan kader dan putra asli PMII NTB, lahir dan dibesarkan di Lombok Tengah. Dia Mengenyam pendidikan S1 di IKIP Mataram Jurusan Matematika, pernah menjadi Ketua PMII IKIP Mataram tahun 2009-2011 dan pernah memimpin PMII Kota Mataram sebagai Ketua Umum pada tahun 2013-2014. Kemudian dia hijrah menjadi perwakilan PB PMII dari NTB di Jakarta pada masa khidmat 2014-2017 hasil Kongres Jambi.

Di Jakarta, selain di PB PMII dia juga sambil menyelsaikan study Pascasarjananya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang lulus pada tahun 2016 lalu dengan predikat Cumlaude.

“Dia adalah salah satu mantan Ketua Cabang PMII Kota Mataram yang berprestasi, dia contoh kader yang gigih dalam berjuang dalam berorganisasi. Dia mampu menyeimbangkan keaktifannya di organisasi dan prioritas akademiknya, alhamdulilah kami atas nama Alumni PMII NTB bangga dan mengucapkan selamat kepada sahabat Sabolah, semoga amanah dan akan membawa PMII makin jaya”, kata L Aksar Ansori, Ketua KPU NTB yang juga mantan Ketua Cabang PMII Kota Mataram itu yang saat ini menjadi salah satu MABINAS dari NTB.

Sejak kelahirannya, PMII di NTB pada tahun 1970-an, untuk pertama kalinya kader PMII NTB menempati posisi strategis di jajaran pengurus inti PB PMII. Sehingga ini diharapkannya akan menjadi penyemangat dan inspirasi bagi kader-kader yang lainnya untuk terus belajar dan berproses, karena kesempatan milik semua kader.

“Sejak tahun 70-an PMII berdiri di NTB, alhamdulillah baru kali ini kader kita mendapat amanah sebagai Sekjend PB PMII, kalau dulu melanjutkan sampai ke tingkat pengurus besar saja susah, apalagi mencapai posisi Sekjend. Saya turut bangga dan senang mendengar kabar ini, semoga anak kami sahabat Sabolah amanah dan bisa menjadi contoh dan inspirasi yang baik bagi kader-kader PMII di NTB”, ungkap TGH A Taqiuddin Mansyur MPd, salah satu pendiri PMII NTB itu, yang juga sekarang adalah Ketua Tanfidziah NU NTB saat dikonfirmasi via pesan digital.

Dengan terpilih pertamakalinya Kader PMII NTB sebagai sekjen PB PMII, semoga bisa menjadi penyemangat bagi kader dan alumni untuk terus berkontribusi untuk kaderisasi PMII di NTB. “Atas nama ketua Mabinda PMII NTB, kami mengucapkan selamat kepada ananda sahabat Sabolah atas dipercayakannnya sebagai Sekjend PB PMII. Kami sangat bangga dan semoga ini menjadi penyemangat bagi semua kader dan alumni PMII di NTB untuk terus memperhatikan kaderisasi dan kemajuan organisasi PMII di NTB”, ucap Hj. Warti’ah MPd, yang juga Ketua DPW PPP NTB itu.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekretaris Mabinda PMII NTB, Akhdiansyah. “Kami selaku alumni PMII NTB Khususnya Kota Mataram merasa bangga atas dikukuhkannya sahabat Sabolah sebagai Sekjend PB PMII, ini membuktikan bahwa kader dan anak muda NTB mampu bersaing di pentas nasional”, ungkap Yongky sapaan akrab Sekretaris DPW PKB NTB itu.

(mn-05/r3)

Bagikan :