Bangun 100 Unit Sumur, Untuk Transmigran Sekongkang

MATARAMnews – Untuk memenuhi kebutuhan air warga taransmigrasi di SP 4 Desa Tatar, kecamatan Sekongkang. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Sumbawa Barat, akan membangun 100 unit sumur gali.

 

{xtypo_info}FOTO: Kabid Transmigrasi, Arifin Fatahullah, SH{/xtypo_info}

Kabid Transmigrasi, Arifin Fatahullah, SH, yang ditemui MataramNews diruang kerjanya, Kamis, (6/10/2011) mengaku, awalnya direncanakan akan dibangun 100 unit sumur bor untuk warga di lokasi itu, namun karena lokasi yang sulit dijangkau ditambah lagi biaya pemeliharaan sangat tinggi. Maka, diputuskan rencana itu dirubah menjadi sumur gali.

“Peta lokasi dan model sumur yang akan dibangun sudah dikirim ke Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dan dalam waktu dekat program itu akan segera terealisasi,” terangnya.

Dijelaskan, 100 unit sumur itu diperuntukan 200 Kepala Keluarga (KK) yang mendiami lokasi transmigrasi Sekongkang, dengan pembagian 1 sumur untuk 2 KK, diyakini mampu memenuhi kebutuhan air bersih yang selama ini menjadi keluhan transmigran dilokasi itu.

“Anggaran dari Kementrian sudah ada, hanya saja model dan lokasi sumur masih harus dipelajari oleh Pemerintah Pusat,” kilah Arifin panggilannya.

Manerut dia, selain akan dibangun sumur, sampai saat ini juga Jatah Hidup (Jadup) warga yanga da di lokasi itu masih ditanggulangi oleh Pemerintah Provinsi NTB, Demikian juga kebutuhan lain yang akan menopang warga transmigran sebelum dilepas untuk mandiri.

“Pemerintah Provinsi NTB masih mendampingi warga dengan memberikan Jadup dalam bentuk sembako, sampai pada waktu yang sudah ditentukan,” lanjutnya.

(Laporan : MS | Sumbawa Barat)