Para Pakar dan Praktisi Peternakan dari 5 Negara Hadiri Seminar di NTB

LOBAR – Seminar internasional pengembangan ilmu pakan dan nutrisi ternak atau International Seminar of Animal Nutrition and Feed Cciences (ISAINI) ke-5 tahun 2017, diikuti oleh para pakar dan praktisi peternakan dari perwakilan 5 negara, yakni Timor Leste, Malaysia, Australia, Indonesia dan New Zealand.

Seminar internasional yang digelar Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram) ini, dibuka resmi Sekda NTB H Rosiady Sayuti mewakili Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, di Hotel Jayakarta Senggigi, Lombok Barat (Lobar), Selasa (7/11/2017).

Ditunjuk dan dipercayanya Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah seminar internasional tersebut. Pasalnya, NTB sebagai salah satu provinsi lumbung ternak nasional karena dinilai memiliki potensi ruminansia yang cukup besar.

Sekda NTB, H Rosiady Sayuti berharap, dengan diadakannya seminar internasional Nutrisi dan Ilmu Pakan ternak ke-5 ini, NTB akan menjadi sentra produksi peternakan yang mampu memenuhi kebutuhan yang semakin pesat di sebagian besar negara berkembang, termasuk di Indonesia.

Banyak negara berkembang mengalami defisit pakan dan masalah yang dihadapi industri peternakan, selain ketersediaan dan biaya bahan pakan yang tinggi. Di sisi lain, keberlanjutan sistem produksi pakan dituntut untuk mampu berkompetisi sebagai Kunci pengembangan ternak berkelanjutan di berbagai negara, termasuk Indonesia khususnya di Provinsi NTB.

“Penggunaan sumber pakan yang efisien melalui sumber pakan baru hasil riset terutama yang tidak bersaing dengan makanan manusia. Jadi, saya harap optimalisasi sumber pakan lokal bisa mengambil peran besar dalam memenuhi ketersediaan pakan ternak yang berkualitas, dengan demikian maka kemajuan teknologi pakan ternak ini akan mendukung sistem produksi ternak yang berkelanjutan”, pungkasnya.

(mn-07/r3)