Pemuda Pelopor KSB Wakili NTB Ke Tingkat Nasional

MATARAMnews – Pemuda Pelopor asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), terpilih untuk mewakili NTB ke tingkat Nasional bidang Pariwisata budaya.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Pemuda Pelopor KSB, Jiswati, SH, MH, kepada sejumlah wartawan mengatakan, Muslim putra kelahiran Desa Meraran, kecamatan Seteluk telah mengikuti proses seleksi Pemilihan Pemuda Pelopr Bidang Pariwisata Budaya tingkat Kabupaten pada bulan September yang lalu, dan berhasil mendapat posisi pertama.

“Bulan yang sama ia mengikuti seleksi tingkat provinsi dan mendapatkan peringkat pertama, mengalahkan muslimah dari Kabupaten Bima, dan tahzinul murad dari Kabupaten Sumbawa,” ungkapnya.

 

Selanjutnya menurut dia, Muslim, perwakilan NTB akan megikuti seleksi tingkat Nasional, yang dilakukan dengan cara Figh Funding tim dari pusat, yang dilakukan secara langsung di lokasi aktifitas Muslim sehari-hari berkenaan dengan kepeloporannya di Bidang Pariwisata Budaya.

Sementara Muslim, yang ditemui sejumlah wartawan menjelaskan, untuk mendapatkan prestasi ini, ia telah melakukan upaya yang sama setiap tahunnya dari tahun 2006. bersamaan dengan teman-temannya di Desa Meraran, pihaknya berupaya mengembangkan pariwisata budaya melalui sanggar seni yang dibinanya sejak tahun 2005. Banyak masyarakat, terutama pemuda-pemuda di desa tersebut dilibatkan dalam setiap agenda baik ditingkat kecamatan maupun Kabupaten.

Disamping turut aktif dalam setiap moment penting daerah, pihakya juga kerap memberikan pelatihan dan pembekalan bagi peserta calon pertukaran pemuda antar provinsi yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga setiap tahunnya.

“Saya bersama teman-teman pemuda, baik yang ada di Meraran dan Taliwang tetap mengisi waktu dengan kegiatan yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu seni pariwisata budaya di KSB,” cetusnya

Ditambahkan, insyaAllah bulan oktober ini tim dari pusat akan datang ke KSB untuk menilai secara langsung aktifitas yang dilakukan bersama teman lainya. Penilaian itu nantinya akan di seleksi dan diranking dengan seluruh peserta yang berasal dari masing-masing Provinsi yang ada di Indonesia.

“Saya akan berupaya memberikan yang terbaik buat KSB dan NTB, mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat KSB agar kerja keras yang kami lakukan selama ini mampu membuahkan hasil yang maksimal,” lanjutnya.

(Laporan: MS | Sumbawa Barat)

Bagikan :