PAD Retribusi Sampah Lobar Capai 51,81 Persen

LOBAR – Kendati minimnya unit armada pengangkut sampah, namun kondisi ini tidak berdampak buruk pada capaian retribusi dari sektor penanganan samapah.

Tahun 2017, dari sektor ini, target yang dibebankan sebesar Rp 1,6 Milyar. Sampai bulan Juni 2017, realisasinya mencapai Rp.829 juta lebih atau 51,81 persen.

“Saya yakin, realisasi capaian target bisa terpenuhi,” tutur Kepala BLH Lobar melalui Kabid PSL B3, I Nyoman Sucana, di Gerung, Senin 17 Juli 2017, kemarin.

Dia menjelaskan, capaian realisasi sebesar Rp 829 juta lebih ini, merupakan kerja keras semua pihak. Dari pihak pemerintah desa, kecamatan sampai kabupaten Lobar, semua berjibaku melakukan sosialisasi tentang sampah ini. Akhirnya kata dia, semua menikmati hasilnya.

Selain kerja keras semua pihak, Sucana tidak menampik, hasil realisasi ini pun merupakan hasil kerja keras seluruh petugas yang ada. Di BLH sendiri, sampai berita ini dibuat, tenaga yang menangani sampah mencapai 211 orang. Mereka terdiri dari 141 tenaga harian lepas, 41 tenaga kontrak dan 20 orang honor daerah (Honda).

“Mereka ini yang tiap hari menangani sampah di Lobar,” pungkas Sucana.

(mn-13/r3)

Bagikan :