Mekanisasi Pertanian Bantu Tingkatkan Produktifitas

LOBAR – Sebanyak 114 alat pertanian seperti traktor, combine (alat panen padi), pompa air dan lainnya diterima oleh 75 kelompok tani se-Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid didampingi Kepala Dinas Pertanian H. Humur Zuhri di Kantor Dinas Pertanian Lobar, Sabtu 5 Agustus 2017.

Untuk diketahui, sektor pertanian menjadi penyumbang tersebsar angka kemiskinan di Kabupaten Lombok Barat. Oleh karena itu, melalui bantuan tersebut diharapkan angka kemiskinan bisa ditekan dengan melalui peningkatan produkitfitas pertanian. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, H. Muhur seusai acara.

“Luas areal untuk sawah di Lombok Barat seluas 17.318 hektar. Sedangkan lahan non sawah seperti kebun dan lainnya seluas ada 50 ribu hektar. Rata-rata produktifitas padi kita tahun ini sekitar 5.4 ton per hektare. Nah, dengan mekanisasi pertanian ini nantinya kita berharap produktifitas kita bisa mencapai 5.6 ton/hektar, bahkan lebih,” ujarnya optimis.

Muhur juga berharap agar kordinasi antar instansi bisa lebih maksimal untuk memfasilitasi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang jumlahnya cukup banyak di Lombok Barat. “Ibu-ibu ini juga bisa membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Caranya dengan mengolah hasil pertanian. Jadi, ketika panen tidak langsung dijual, tapi bisa diolah menjadi berbagai produk olahan,” jelasnya.

Sementara itu, Bapak Nasib, salah satu penerima bantuan mengaku bangga bisa bertemu dan menerima langsung dari bupati.  “Ini menunjukkan beliau peduli dengan pengembangan dan pembangunan sektor pertanian di Lobar,” ungkapnya usai acara. Anggota Kelompok Tani Batu Petak dari Desa Mareje, Kecamatan Lembar ini optimis produktifitasnya akan lebih maksimal dengan dukungan bantuan tersebut.

(mn-13/r3)

Bagikan :