Desa Lingsar Masuk Tiga Besar Nasional

LOBAR – Setelah melalui penilaian yang sangat ketat, Desa Lingsar yang berada di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, akhirnya masuk sebagai tiga besar Regional IV dalam Lomba Desa Terintegrasi Tingkat Nasional 2017. Di Regional IV, Desa Lingsar juga ditemani oleh Desa Oe Lewa (NTT) dan Oe Hea (Maluku Utara).

“Tadi sudah pengumuman. Alhamdulillah kita lolos mewakili NTB untuk kategori desa, sedangkan Kelurahan Mataram untuk kategori kelurahan,” kata Abdul Hadi, kepala Desa Lingsar saat ditemui di ruang kerjanya Selasa 8 Agustus 2017, kemarin.

Menurutnya, desanya terpilih karena dukungan seluruh eleman, baik pemerintah maupun masyarakat.saat berlangsungnya penilaian semua elemen pemerintah dan masyarakat turut mendukung.

Abdul Hadi menambahkan, secara nasional pemenang lomba desa dan kelurahan diwakili oleh 24 orang kepala desa/kelurahan yang terbagi dalam empat regional. Masing regional diwakili oleh tiga kepala desa dan tiga kepala kelurahan.

Namun pihaknya belum bisa merasa bangga, lantaran masih ada aral yang harus dilalui. Penentuan peringkat 1, 2 dan 3 harus melalui gelaran ekspose kisi-kisi penilaian yang akan digelar tanggal 10 Agustus mendatang di hadapan tim juri dari berbagai lembaga dan disiplin ilmu. Ekspose tersebut rencananya akan digelar di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Jakarta.

Pada kesempatan itu, Abdul Hadi memohon agar Bupati H. Fauzan Khalid turut serta mendampingi saat berlangsungnya ekspose di Kemendagri. Baginya, pendampingan tersebut menjadi dukungan moral yang kuat. Selain itu, kehadiran kepala daerah ini menurutnya masuk sebagai unsur penilaian. “Saya kira gampang saja, jika pak bupati hadir, saya optimis dapat peringkat satu,” katanya.

(mn-13/r3)

Bagikan :