Wagub Pantau UNBK : Tanamkan Kejujuran Sejak Dini

LOMBOK – Wakil Gubernur NTB, H. Moh. Amin, SH., M.Si mematau langsung proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Mataram dan Lombok Barat, Selasa (4/4/2017).

Kejujuran harus ditanamkan sejak dini, termasuk dalam proses peningkatan prestasi belajar siswa, karena generasi muda ini merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan, karenanya, prestasi siswa harus dilakukan dengan cara-cara yang jujur dan obyektif, sehingga kedepan akan lahir calon pemimpin yang berintegritas.

Wagub juga meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB untuk selalu melakukan evaluasi dan memastikan segala fasilitas pendukung dapat dipenuhi. Sedangkan bagi sekolah sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional berbasis pensil dan kertas tahun ini, diharapkan tahun depan sudah melaksanakan ujian berbasis komputer (UNBK). ”Dengan demikian maka proses pelaksanaan ujian nasional di kota dan desa-desa akan menjadi setara,” imbuhnya.

Jumlah peserta Ujian untuk SMKN dan SMK Swasta se-NTB pada tahun 2017 sebanyak 17.836 siswa, terdiri dari 10.416 siswa atau 7,9 persen masih Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNPK), dan 16.420 siswa atau 92,06 persen ujian berbasis Komputer (UNBK).

Sedangkan jumlah SMKN dan SMK Swasta se-NTB sebanyak 258 sekolah, terdiri dari 201 sekolah atau 77,90 persen telah melaksanakan Ujian Berbasis Komputer sedangkan sebanyak 57 sekolah atau 22,17 persen masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNPK).

(hms-ntb/red)

Bagikan :