Kemenaker Bersama Ansor Gelar Pelatihan, Ciptakan Wirausaha Baru

LOMBOK – Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI bekerja sama dengan GP Ansor mengadakan pelatihan kewirausahaan atau enterpreneurship di Mataram NTB, 4-6 April 2017. Diikuti peserta dari perwakilan mahasiswa dan pemuda.

Pelatihan kewirausahaan tersebut tidak hanya diberikan motivasi di ruangan, namun para peserta diberi kesempatan terjun ke lapangan untuk melihat dan bertanya langsung kepada para pengusaha, seperti pengusaha perhotelan yang ada di Kota Mataram.

“Semakin banyak pelatihan kewirausahaan dilakukan, semakin banyak pula tercipta wirausahan baru, seperti pelatihan yang kita lakukan bekerja sama dengan Ansor yang bertujuan untuk melahirkan para wirausahan baru yang sukses,” kata Rizki, dari Direktorat Kemenaker RI, pada menutup pelatihan tersebut, yang dihadiri oleh BBPP Pusat, Ketua PP Ansor Adhe Musa Said, Ketua PW GP Ansor NTB H Zamroni dan Sekretaris Irfan Suriadinata, di Aula PW NU NTB, Kamis (6/4/2017).

Menurut Rizki, dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan jurus bagaimana menciptakan usaha dan membuat jaringan. “Semoga hari ini lebih baik dengan hari-hari kemaren,” ujar Rizki, sembari memberikan motivasi jika tidak memiliki kreatifitas dan kemampuan dalam bekerja, maka bisa dipastikan akan ketinggalan.

Apalagi, sambung dia, situasinya kini sudah dihadapkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka kemampuan dan kreatifitas mesti harus ditingkatkan.

Ketua Ansor NTB, H Zamroni Aziz menyebut NU dan Ansor sudah jelas komitmenya mengenai NKRI. Ansor sangat antusias kepada pemerintah yang sudah mengajak Ansor untuk kerja sama dalam berbagai aspek. Termasuk kerja sama pelatihan kewirausahaan.

“Kami juga akan melaksanakan penyuluhan hukum, ada juga kegiatan orasi kebangsaan, guna kita gemakan NU dan Ansor di NTB ini. Semua akan dilakukan. Kami tunjukkan ke halayak ramai khususnya di NTB,” tegas Zamroni.

Rangkaian ini juga, menurut Zamroni, bagian dari peringatan Harlah Ansor. Pelatihan pramuwisata dalam ketenagakerjaan diadakan agar kader-kader Ansor menjadi bagian dari komitmen bersama.

Dalam kesempatan itu, Ketua Ansor NTB mengucapkan terimakasih kepada PP Ansor yang sudah memfasilitasi dalam berbagai kerja sama dengan pemerintah pusat.

Sementara itu Ketua PP. Ansor H. Adhe Musa Said mengungkapkan, selain kerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian.

“Jangan pernah takut jadi orang kaya atau sukses karena ada tim yang sudah diterjunkan kebawah oleh Kementrian Tenaga Kerja yang memberikan pelatihan-pelatihan bagi para calon wirausahawan muda,” ujar Adhe.

Ketua PP Ansor menegaskan kegiatan pramusiwisata tersebut dilakukan agar mampu menggerakkan potensi-potensi ekonomi daerah. “Ini juga bagian dari rangkaian dari Harlah Ansor yang ke -83 tahun,” katanya.

“Barang siapa yang mencoba-coba untuk merusak kebhinekaan di tanah air indonesia, maka mereka akan berhadapan dengan Ansor,” tegas Adhe Musa Said.

(zam/red)