Artis Ibukota Meriahkan MTQ XXVII Lobar

LOMBOK BARAT – MTQ XXVII tingkat Kabupaten Lombok Barat (Lobar) 2017 digelar di Kecamatan Gunungsari tampak beda dari tahun-tahun sebelumnya. Animo masyarakat untuk menghadiri perhelatan istimewa ini cukup tinggi. Selain karena masyarakatnya yang religius, juga karena dalam MTQ kali ini menghadirkan artis ibukota yang tergabung dalam Medina Band.

Antusiasme masyarakat Lobar dalam pembukaan MTQ tingkat kabupaten tersebut sangat terlihat. Pasalnya sejak ba’da magrib ribuan masyarakat sudah terlihat berbondong-bondong datang ke lokasi perhelatan. Mereka dengan sabar menunggu acara pembukaan yang dimulai pukul 20.30 wita.

Saat acara dimulai dengan lantunan ayat suci Al-quran yang dibacakan 3 orang Qori secara bersamaan, warga mengikutinya dengan khidmat. Sejumlah warga nampak menyimak bacaan ayat suci tersebut melalui aplikasi Al-quran yang ada di HP android mereka.

Usai lantunan ayat suci Al-qur’an dilanjutkan dengan laporan Sekda Lobar H.M. Taufiq yang memaparkan tentang jumlah peserta, lokasi lomba hingga cabang lomba. Setelah itu dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakam oleh Bupati H. Fauzan Khalid, yang kemudian disambung dengan sambutan singkatnya yang berisi berbagai pesan dan harapan. Usai memberikan sambutan, orang nomor satu di Lobar itupun membuka MTQ nan megah ini dengan resmi, ditandai penekanan sirine.

Di sesi terakhir, masyarakat dihibur dengan lagu-lagu religi dari Medina Band. Kedua penyanyinya yaitu Ahmad Sunu Harmain dan Rae Syahreza menyanyikan lagu-lagu religi. Tak ketinggalan aratis Indra Rukmana dan Sylvana Herman ikut menyumbangkan lagu. Warga yang tadinya berjubel di belakang, kini maju mendekati panggung utama. Mereka duduk dengan tertib dan ikut menyenandungkan lagu yang dibawakan para penyanyi itu.

Salah seorang warga masyarakat H Indra (40) asal Gunungsari mengaku sengaja datang bersama keluarganya hanya ingin menyaksikan pembukaan MTQ XXVII ini.

“Sungguh berkesan dan glamour, penuh keindahan dan makna yang terkesan. Terutama sekali ajakan Bupati Fauzan Khalid yang mengajak untuk terus membumikan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata H Indra.

Artis papan atas Sylvana Herman usai membawakan lagu yang berjudul anak bertanya pada bapaknya mengaku terkesan dengan MTQ ini. “Subhanallah, masyarakat Indonesia harus lebih banyak belajar di Pulau yang terkenal dengan seribu masjid ini, khusunya Lombok Barat,” ujarnya.

Menurutnya, di sini sangat jelas terlihat masyarakatnya membiasakan membudayakan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Karena Al-qur’an adalah yang menjadi penerang kita baik didunia dan diakhirat.

“Hidup di dunia ini hanya persinggahan dan kehidupan yang sebenarnya adalah di akhirat,” katanya.

Sylvana juga menceritakan, kurang lebih empat tahun silam ia mulai belajar hijrah untuk menjadi lebih baik dan memakai jilbab. Lagu yang tadi dibawakannya adalah lagu religi pertama. Pada waktu-waktu yang lalu ia lebih banyak menyanyikan lagu-lagu pop dan dangdut. Jadi, kesempatan menyanyikan lagu religi pada MTQ ini merupakan kesan yang tak bisa dilupakan. Ini merupakan kali pertama ia ikut meramaikan acara seperti ini.

“Acara Pembukaan MTQ di Lobar Ini memotivasi saya untuk terus belajar menyanyikan lagu-lagu religi sehingga menjadikan syiar agama di dalam bernyanyi,” ujar Sylvana.

Keramaian MTQ ini sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak siang harinya. Sekitar pukul 14 siangnya, dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti ribuan peserta dan para kafilah dari 10 kecamatan. Start pawai taaruf ini bertempat di lapangan dekat polsek Gunungsari. Dari lokasi ini para peserta berjalan menuju lokasi MTQ yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi start.

Sementara itu masyarakat terlihat berjejal di kiri kanan jalan untuk menonton pawai. Mereka ingin melihat dari dekat para kafilah yang akan berlomba. Di tambah lagi dengan atraksi drum band dari beberapa sekolah yang ikut berpawai, membuat masyarakat makin terhibur sehingga tidak merasakan teriknya panas matahari.

Panggung kehormatan pawai taaruf sendiri berada di depan SKB Gunungsari. Di panggung kehormatan antara lain Bupati Lobar, Ketua PKK Lobar, Ketua DPRD Lobar, anggota Forum Pimpinan Lobar, Sekda Lobar, Para Kepala SKPD Lingkup Lobar, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. Terlihat juga para artis Medina Band di panggung kehormatan. Mereka menikmati pawai dan beberapa kali menyempatkan diri ber-selfie ria dengan pejabat, peserta pawai dan masyarakat yang hadir.

(mn11/r1)