Tata Tertib DPRD Loteng Disahkan

LOMBOK TENGAH – Setelah melalui proses pembahasan yang  cukup lama, perubahan Peraturan Tata Tertib (Tatib) Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Loteng disahkan.

Pengesahan Tatib itu dilakukan dalam sidang paripurna agenda penyampaian Laporan Lansus I terhadap hasil pembahasan Tatib DPRD Loteng dan persetujuan DPRD Loteng di pimpin oleh Ketua DPRD Loteng H.Ahmad Puaddi para Pimpinan dan anggota DPRD Loteng, di ruang rapat utama DPRD Loteng, Rabu (15/3/2017).

Juru Bicara Pansus I DPRD Loteng Suhaimi SH menyampaikan, Pansus I DPRD Loteng telah melakukan pembahasan secara detil dan menyeluruh terhadap ususlan perubahan Tatib DPRD Loteng. Berdasarkan ketentuan Undang Undang Nomor 9 tahun 2015 dan Undang Undang Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah.

Salah satu tugas dan kewenangan DPRD adalah memilih Bupati atau Wakil Bupati  dalam hal kekosongan jabatan untuk meneruskan sisa masa jabatan. “Pansus DPRD Loteng menyepakati proses pengisian kekosongan jabatan Bupati atau Wakil Bupati Loteng itu diatur dalam Peraturan Tatib DPRD Loteng ,” ungkapnya.

Dijelaskan, ketentuan dan kewenangan DPRD dalam melaksanakan proses pengisian kekosongan jabatan Bupati atau Wakil Bupati itu dijelaskan dalam pasal 5 dan pasal 2 peraturan Tatib. Selain itu juga, untuk melaksanakan ketentuan pasal 5, terkait dengan tata cara pemilihan Bupati atau Wakil Bupati oleh DPRD ditambahkan beberapa pasal dalam pasal (77).

“Ada beberapa penambahan pasal dalam melaksanakan ketentuan pemilihan Bupati atau wakil Bupati oleh Dewan,” katanya.

Oleh sebab itu, terhadap seluruh perubahan substansi Tatib DPRD Loteng yang dilaporkan oleh Pansus I. Semua fraksi yang tergabung dalam pansus I menyetujui hasil pembahasan usulan Tatib itu untuk ditetapkan menjadi Peraturan Tatib DPRD Loteng.

“Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2014 tentang tatib dan peraturan DPRD Nomor 3 Tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2014 tentang Tatib DPRD Kabupaten Loteng dicabut dan diganti dengan paraturan DPRD Loteng,” katanya.

(pino/red)