Lombok Travel Mart IV Diadakan ASPII di Gili Air

LOMBOK – Guna mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke NTB, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB kembali menggelar agenda tahunan Lombok Travel Mart (LTM) IV. Pasalnya, LTM dianggap paling diminati agen-agen wisata Nusantara dan Asia.

Ketua DPD ASPPI NTB JN. Wirajagat mengatakan, agenda LTM telah dilaksanakan selama tiga kali berturut-turut dan selalu melampaui target buyer yang di pasang. Transaksi wisata bahkan langsung terjadi saat table top dimulai.

“LTM IV akan dilaksanakan nanti tanggal 23 Maret di Gili Air KLU (Kabupaten Lombok Utara),” kata Wirajagat, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, LTM ke IV rencananya akan dibuka langsung Menteri Pariwisata. Temu agent wisata yang difasilitasi ASPPI ini diharapkan mampu menghadirkan wisatawan datang sebanyak-banyaknya ke Lombok dan Sumbawa. Tidak saja wisatawan nusantara, namun tak kalah pentingnya mendatangkan wisatawan mancanegara.

“Misi mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke Lombok Sumbawa ini juga menjadi pesan moral ASPPI. Bagaimana membantu Pemerintah Daerah mencapai target 4 juta kunjungan wisatawan NTB tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Kehadiran para buyer dari tahun ke tahun meningkat signifikan di agenda LTM. Peningkatan jumlah buyer ini, jelas mempengaruhi jumlah transaksi wisata yang sudah ditargetkan.

Data yang terkumpul, LTM pertama target 100 buyer, yang datang 115 agent domestik dan Malaysia. LTM kedua target 150 buyer, yang datang 175 agent domestik dan Malaysia. Dan LTM ketiga target 200 buyer.

“Tahun ini, ASPPI kembali menggelar pasar wisata melalui LTM keempat dan diharapkan mampu menghadirkan 250 buyer domestik, kawasan ASEAN, Prancis, Amerika dan Singapura. Undangan sudah kami sebar ke semua asosiasi pariwisata lintas negara,” ujarnya.

Wirajagat juga optimis mampu menghadirkan lebih banyak buyer dari target yang sudah di tetapkan. Sikap optimis Wirajagat ini cukup beralasan mengingat, dua hari setelah pendaftaran dibuka, antusias para buyer mendaftar cukup luar biasa.

ASPPI juga yakin acara ini akan berlangsung sukses. Namun, ASPPI ingin memastikan target transaksi dan kunjungan wisatawan ke Lombok Sumbawa pasca acara ini bisa meningkat tajam.

(joko/red)

Bagikan :