Puluhan Pengurus Inkam Desa Lobar Keluar, Bentuk Lembaga Baru

LOBAR – Buntut dari dukungan politik Inkam Desa Lobar kepada Cabup HM Izzul Islam, puluhan mantan kepala desa yang tergabung dalam Ikatan Kekeluargaan Mantan Kepala Desa (Inkam Desa) Lombok Barat menyatakan diri keluar dari kepengurusan.

Termasuk mantan Kades Bagek Polak yang menjadi Ketua Inkam Desa Lobar H Ibrahim, juga menyatakan diri keluar. Mereka kemudian mendirikan organ baru yakni Forum Mantan Kades (Formandes) Lombok Barat agar tetap bersama Izzul Islam dalam memenangkan Pilkada Lobar 2018, yang rencananya akan di dideklarasikan akhir Agustus ini.

Informasi itu terungkap saat pertemuan internal antara Cabup Lobar yang juga Ketua DPW Perindo NTB HM Izzul Islam dengan perwakilan mantan pengurus Inkam Desa, Sabtu 16 September 2017 malam, di kawasan Sandik, Lombok Barat.

Menurut mantan Kades Gerimak, Mistari, apa yang dilakukan puluhan mantan Kades Lobar yang keluar dari Inkam Desa, agar lebih fokus memperjuangkan Izzul dalam Pilkada Lobar.

Selain itu, dia menginformasikan sudah ada sekitar 30 orang mantan Kades se Lombok Barat yang akan bergabung dengan Formandes, sembari menunjukkan puluhan surat pernyataan dukungan kepada HM Izzul Islam sebagai Wabup Lobar.

“Ini bukti surat pernyataan dukungan dari mantan Kades, by name, by adress dan by phone,” ujar Mistari sembari mengatakan gerakan yang dilakukan benar-benar murni aspirasi tanpa minta dukungan logistik dari Izzul.

Sementara itu mantan Kades Bengkel, Parhan menekankan, mantan Kades yang tergabung dalam wadah ini murni aspirasi untuk berjuang dan menyukseskan Ketua DPW Perindo NTB agar bisa terpilih sebagai Bupati Lombok Barat yang baru. “Formandes siap berjuang di masyarakat untuk memenangkan Izzul,” ujarnya.

Selanjutnya Mistari juga mengatakan, hari minggu ini, pihaknya bersama mantan Kades Babusslam, Redwan, akan menemui beberapa mantan Kades Lombok Barat di wilayah Sekotong untuk diajak bergabung dengan Formandes secara sukarela dan tidak ada paksaan.

“Kita akan ke Sekotong untuk menemui beberapa mantan Kades yang se-aspirasi,” lanjut Mistari, sembari mengatakan akan segera melakukan konsolidasi internal setelah semua pernyataan dukungan mantan Kades se Lobar terkumpul untuk menentukan waktu dan jadwal deklarasinya Formandes.

Sementara itu mantan Kades Badrain, Nahrul Jawandi bersumpah bahwa dirinya dan mantan Kades lainnya tidak ingin merepotkan Cabup Izzul Islam dalam proses pencalonannya ini.

“Kita bergerak ini karena nurani, tidak dibayar,” ungkapnya sambil menginfokan semenjak mendukung Izzul Islam beberapa job pekerjaannya di putus secara mendadak tanpa sebab .

Menanggapi aspirasi yang disampaikan para mantan Kades se Lombok Barat tersebut , Ketua DPW Perindo NTB, HM Izzul Islam merespon secara positif dan siap berjuang bersama para mantan Kades tersebut.

Dia juga siap menghadiri dan berpartisipasi dalam deklarasi forum mantan Kades yang dijadwalkan akhir Agustus. “Saya usul nama organisasinya adalah Forum Purnawirawan Mantan Kades,” ujar Izzul Islam yang didampingi oleh Pengurus Perindo lainnya yakni Lalu Athar, Zahrul Maliki dan Asisten khususnya Hasni.

Untuk diketahui, hampir setiap malam kediaman Izzul Islam didatangi ratusan warga desa di Lombok Barat untuk mensupport dirinya agar maju dalam bursa Pilkada Lombok Barat.

“Kami kemari secara sukarela tanpa disuruh oleh Haji Izzul ataupun team suksesnya. Murni mendoakan dan mendukung beliau jadi Bupati Lobar,” kata Abdi salah satu warga desa Meninting yang semalam bertandang ke rumah Izzul Islam bersama puluhan warga desanya.

(mn-07/r3)

Bagikan :