LOBAR – Hujan pertama di bulan September ini tidak menyurutkan langkah ratusan warga Desa Lembuak Kecamatan Narmada untuk menghadiri acara “Gawe Gubuk”. Acara tersebut adalah tradisi tahunan bagi masyarakat Desa Lembuak di setiap menyambut Tahun Baru Hijriyah yang diselenggarakan di sepanjang jalan desa yang dipasangi terop.

Gawe Gubuk yang diikuti oleh seluruh komponen masyarakat ini ditujukan tidak hanya untuk menyambut tradisi tahunan dalam kalender Islam, namun juga mengingatkan silaturrahmi antar anggota masyarakat. Diawali dengan sholat magrib berjama’ah di satu-satunya masjid jami’ di desa itu, acara pun berlanjut dengan acara “begibung” (makan bersama dalam satu wadah besar, Red), Minggu 24 September 2017.

Tokoh muda desa yang dikenal sebagai jantung kota air di Lombok Barat itu, Komaruddin Zaelani menegaskan tradisi ini juga untuk mengingatkan jasa orang tua yang mendahului kita.

Di tengah hujan yang mengguyur lokasi acara, warga dari delapan dusun itu kemudian mendaulat Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid untuk memberikan pengajian umum. Dalam pengajiannya, Fauzan yang alumni Sastra Arab IAIN Sunan Kalijaga ini mengajak warga Lombok Barat untuk selalu mengedepankan kebersamaan dalam membangun daerah. Kebersamaan itu diilustrasikannya dengan peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah dan para sahabat.

“Kalo tidak karena memiliki hati dan iman yang sama, tidak mungkin mereka mau meninggalkan harta benda dan keluarga,” paparnya sambil menggunakan istilah “sopoq angen” (satu hati) para sahabat di zaman Rasulullah.

Hal tersebut pun ditegaskan tokoh masyarakat terkemuka, TGH. Yusi Adnan, “Membangun sebuah daerah, harus dilakukan dengan nawaitu dan tujuan yang sama. Itulah mengapa kita “pe-sopoq angen” (satukan hati, Red) malam ini,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah warga.

TGH. Yusi Adnan mengingatkan agar Fauzan tidak pantang menyerah membangun Lombok Barat.

“Khalid Bin Walid sampai habis seluruh dan roboh badannya memperjuangkan keyakinannya,” ujar sang tokoh Narmada memberikan ilustrasi.

Diakhir acara, seperti berikrar, para warga yang hadir meminta Fauzan untuk terus maju dalam kontestasi di Pemilihan Kepala Daerah 2018 nanti. Hadir pada acara tersebut, Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Lombok Barat yang sekaligus juga Ketua DPRD, Hj. Sumiatun didampingi oleh H. Ahmad Zainuri, anggota DPRD Kab. Lobar dari Daerah Pemilihan 4 Narmada-Lingsar.

(mn-09/r3)